Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Negeri 01 Lumajang

Muyasaroh, Yonansari Fitrotiningrum (2018) Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Negeri 01 Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yonansari Fitrotiningrum Muyasaroh_0849114035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Komunikasi, Kinerja Guru Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan komunitas sekolah, kepala madrasah perlu mengajak, memberikan perintah, mengatur, menyampaikan, memberikan dorongan, dan membangun pengertian dari orang yang dipimpinnya. Kepala madrasah mutlak memerlukan kemampuan berkomunikasi sebagi salah satu kompetensi yang harus dikuasai. Komunikasi dijadikan suatu landasan dalam melakukan suatu hubungan dan pembinaan yang efektif dengan guru, orang tua, maupun siswa dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Proses Komunikasi Kepala Madrasah dalam menangani problem kinerja guru? 2) Bagaimanakah Gaya komunikasi kepala madrasah dalam menangani fenomena konflik kelompok antar guru di MTs Negeri Lumajang?. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknis pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi dan perpanjangan masa penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses komunikasi Kepala Madrasah dalam menangani problem kinerja guru meliputi: Proses komunikasi kepala MTs Negeri 01 Lumajang terkait penanganan problem kinerja guru diawali dengan perencanaan yakni dapat diistilahkan dengan ideation, kemudian encoding, encode, decoding. (2) Gaya komunikasi kepala madrasah dalam menangani fenomena konflik guru di MTs Negeri Lumajang meliputi: Gaya komunikasi kepala MTs N Lumajang dalam menangani konflik yakni mengutamakan keputusan bersama, memberikan ruang kepada para guru dalam mengambil keputusan, memiliki sikap kepedulian yang tinggi serta membna hubungan yang baik dengan orang lain, menciptakan suasana organisasi yang demokratis merupakan gaya/ style komunikasi kepala MTs Negeri 01 Lumajang yang mengarah kepada The Equalitarian Style.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:48
Last Modified: 21 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20797

Actions (login required)

View Item View Item