Optimalisasi Peran Buruh Perempuan dalam Pembiayaan Pendidikan Anak (Studi Atas Buruh Perempuan PT. Tanjung Odi Sumenep)

Hasanah, Za' idatul (2018) Optimalisasi Peran Buruh Perempuan dalam Pembiayaan Pendidikan Anak (Studi Atas Buruh Perempuan PT. Tanjung Odi Sumenep). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Za’ idatul Hasanah_083144170.pdf

Download (7MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, sosok perempuan telah memperluas peran dan tanggung jawabnya domestiknya. Di samping faktor kemandirian finansial, kebutuhan ekonomi keluarga dan tanggungan pembiayaan pendidikan anak yang beragam menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan perempuan harus bekerja di luar rumah (wanita karir) sebagaimana terjadi pada buruh pabrik rokok PT. Tanjung Odi. Di tengah ekpektasi yang besar terhadap pendidikan anak, kehidupan buruh pabrik PT. Tanjung Odi yang sudah berkeluarga dan memiliki jumlah tanggungan pembiayaan pendidikan anak yang beragam tentu merupakan masalah dilematis bagi para buruh di tengah rendahnya upah yang mereka terima dan tidak adanya tunjangan pendidikan anak turut mendorong upaya buruh untuk mengelola kebutuhan keluarga dan anak-anak agar kebutuhan pendidikan anak mereka terpenuhi dengan baik. Fokus masalah penelitian ini mencakup 1. Bagaimana peran buruh perempuan dalam pembiayaan pendidikan anak di pabrik rokok PT. Tanjung Odi Desa Gedungan Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep. 2. Bagaimana cara mengoptimalkan peran buruh perempuan dalam pembiayaan pendidikan anak di pabrik rokok PT. Tanjung Odi Desa Gedungan Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peran buruh perempuan dalam pembiayaan pendidikan anak, serta untuk mengetahui cara mengoptimalkan peran buruh perempuan dalam pembiayaan pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini ditemukan 1) Peran buruh perempuan PT. Tanjung Odi dalam memenuhi biaya pendidikan anak dilakukan melalui beberapa upaya baik pembagian kerja dan manajemen waktu antar keluarga. Di samping itu, kesadaran buruh perempuan akan pendidikan anak juga diwujudkan dengan cara menyisihkan anggaran 30-50% dari perolehan gaji yang mereka terima. 2) Para buruh terus berupaya mengoptimalkan pembiayaan pendidikan anak melalui beberapa hal yaitu menambah upah pada jam kerja lembur, berhutang, menabung di Bank, menyimpannya dalam bentuk arisan di pabrik rokok PT. Tanjung Odi, memelihara hewan ternak dengan sistem paron, dan bisnis pulsa online. Kata Kunci: Peran, Buruh Perempuan, Pembiayaan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:48
Last Modified: 21 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item