Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Multidisiplin Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMK Kelas XI Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 1 SMKN 5 Jember

Halisna, Muhammad (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Multidisiplin Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di SMK Kelas XI Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 1 SMKN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. IQBAL MAULANA HALISNA_T20197056.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Multidisiplin terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Materi Fungsi kelas XI Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 1 SMKN 5 Jember.
Kata kunci : model pembelajaran , multidisiplin, kemampuan literasi matematika

Kegiatan proses belajar mengajar dapat diterapkan dengan bermacam macam model pembelajaran. Setiap model pembelajaran mempunyai pengaruh tersendiri terhadap macam-macam kemampuan siswa. Salah satunya memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Sehingga kemampuan literasi matematika siswa dapat dipengaruhi model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran RME berbasis multidisiplin. Dimana siswa memanfaatkan 2 atau lebih disiplin ilmu untuk menyelesaikan masalah..
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Adakah pengaruh model pembelajaran RME berbasis multidisiplin terhadap kemampuan literasi matematika siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME berbasis multidisiplin terhadap kemampuan literasi matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian mix methode, untuk penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data nya menggunakan pre-test dan post-test kemudian kelas yang terpilih dilakukan uji normalitas jika data terbukti normal dilakukan uji paired sample T-test untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelejaran RME berbasis multidisiplin. Untuk penelitian kualitatif siswa digolongkan menjadi 3 kategori yakni kemampuan literasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan proses wawancara untuk mengetahui masing-masing dari tiap tingkatan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Model pembelajaran RME berbasis multidisiplin mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari a) selisih nilai mean sebesar 28.94444, b) besarnya nilai Std. Deviation. 22.88848 menunjukkan besarnya simpangan dari nilai rata-rata, c) nilai sig (2-tailed) < 0.05 yang menjadi bukti bahwa ada pengaruh yang signifikan. 2) siswa berkemampuan literasi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator yang sudah disediakan oleh peneliti, siswa berkemampuan literasi matematis sedang mampu mengerjakan semua soal dan memenuhi semua indikator namun kurang nya dalam penerapan rumus yang menjadi poin minus, siswa kemampuan literasi matematis rendah kurang bisa memahami rumus dan pastinya tidak mampu memenuhi indikator yang sudah disediakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Muhammad Halisna
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:43
Last Modified: 24 Mar 2023 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item