Pendalamanan Materi Akhlak Terpuji Melalui Kegiatan Pecinta Alam di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Darus Sholah Kabupaten Jember.

Himah, Aliyatul (2018) Pendalamanan Materi Akhlak Terpuji Melalui Kegiatan Pecinta Alam di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Darus Sholah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aliyatul Himah_084 131 401.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah untuk menjadi insan yang berakhlak mulia, hal ini dapat terwujud dengan adanya pendidikan agama. Tujuan pendidikan agama Islam adalah menciptakan insan yang kamil dan berakhlak mulia, untuk mewujudkan terbentuknya insan kamil bisa didapatkan di sekolah melalui kegiatan pecinta alam. Pecinta alam merupakan kegiatan yang dibuat sekolah sebagai kegiatan dari guru untuk melatih dan mengontrol aktifitas dan sikap siswa diluar kelas, baik dari segi ibadah, aqidah maupun akhlak. Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana pendalaman materi akhlak terpuji terkait hubungan manusia kepada Allah melalui kegiatan pecinta alam di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember ? 2) Bagaimana Pendalaman Materi Akhlak Terpuji Terkait Hubungan Antar Sesama Manusia Melalui Kegiatan Pecinta Alam di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember ? 3) Bagaimana Pendalaman Materi Akhlak Terpuji Terkait Hubungan Manusia Terhadap Lingkungan Alam ? Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan pendalaman materi akhlak terpuji terkait hubungan manusia kepada Allah melalui kegiatan pecinta alam di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. 2) Mendeskripsikan Pendalaman Materi Akhlak Terpuji Terkait Hubungan Antar Sesama Manusia Melalui Kegiatan Pecinta Alam di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. 3) Mendeskripsikan Pendalaman Materi Akhlak Terpuji Terkait Hubungan Manusia Terhadap Alam Lingkungan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Untuk menjawab fokus penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dalam Pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Fokus penelitiannya adalah 1) Pendalaman materi akhlak terpuji terkait hubungan manusia kepada Allah melalui kegiatan Pecinta Alam dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yakni : a. Pembiasaan sholat berjamaah. b. dzikir setelah sholat. c. Do’a ketika akan melaksanakan kegiatan pecinta alam . 2) Pendalaman materi akhlak terpuji terkait hubungan antar sesama manusia melalui kegiatan Pecinta Alam yakni: a. Tersenyum kepada sesama, benghormati orang tua dan guru c. berkata permisi. d. Bersalaman. 3) Pendalaman materi akhlak terpuji terkait hubungan manusia terhadap lingkungan alam melalui kegiatan Pecinta Alam yakni dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya, peserta didik dituntut untuk mampu menghargai lingkungan, dan menjaga agar lingkungan tetap bersih serta tidak merusak alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 09:21
Last Modified: 21 Mar 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item View Item