Implementasi Hukuman dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember.

Sanjayani, Andina Yeni (2018) Implementasi Hukuman dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andina Yeni Sanjayani_084 141 168.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pondok Pesantren Miftahul Ulum merupakan lembaga pendidikan yang memiliki andil cukup besar dalam pembentukan karakter khususya karakter disiplin bagi santrinya, karena disana diterapkan hukuman sebagai salah satu alat pendidikan untuk membentuk karakter disiplin santri. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana implementasi bentuk-bentuk hukuman dalam pembentukan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian hukuman dalam membentuk karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember?. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi bentuk-bentuk hukuman dalam pembentukan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember, 2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian hukuman dalam membentuk karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (fild research). Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkahlangkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Implementasi hukuman dalam pembentukan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember telah diterapkan dalam bentuk-bentuk hukuman diantaranya: Hukuman ringan, sedang dan berat. 2) Faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian hukuman dalam pembentukan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Glagahwero Kalisat Jember diantaranya: a) Faktor pendukung pengimplementasian hukuman dalam pembentukan karakter disiplin santri meliputi faktor intrinsik dan ekstrinsik. b) Faktor penghambat pengimplementasian hukuman dalam pembentukan karakter disiplin santri yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 09:20
Last Modified: 21 Mar 2023 09:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20805

Actions (login required)

View Item View Item