Agustin, Aqmarina Bella (2018) Pembelajaran aqidah Islam di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir Jember tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Aqmarina Bella Agustin_084141131.pdf Download (8MB) |
Abstract
Aqidah merupakan domain penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan aqidah diibaratkan sebagai pondasi dalam kehidupan beragama seseorang. Seorang muslim wajib memelihara dan menjaga aqidahnya agar jangan sampai ada sesuatu yang merusak, membatalkan, dan memutusnya. Oleh sebab itu sebagai orang Islam perlu untuk mengetahui dasar pokok utama dalam Islam melalui pembelajaran keagamaan, salah satunya yakni melalui pembelajaran aqidah Islam. Berangkat dari latar belakang diatas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran aqidah Islam di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir Jember tahun 2018 dan memfokuskan penelitian kedalam tiga poin yakni, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aqidah Islam di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir Jember tahun 2018? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aqidah Islam di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir Jember tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan yakni studi kasus dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya dipiih dengan pertimbanagan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metiode validitas triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapatkan yakni: 1) perencanaan pembelajaran aqidah Islam di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir ustad pengajar tidak membuat RPP melainkan melalui pembuatan silabus, merencanakan kitab, ustad, jadwal, dan program evaluasi serta pembuatan absensi yang dilakukan oleh pihak akademik. 2) pelaksanaan pembelajaran aqidah diajarkan melalui beberapa metode yakni metode ceramah untuk menjelaskan teori-teori tentang aqidah dan pembahasannya dengan realita,metode tanya jawab,serta metode talaqqi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan baca kitab mahasantri.3) evaluasi pembelajaran aqidah yang dilaksanakan di ma’had tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir bertujuan untuk mengukur sejauh mana penguasaan materi aqidah mahasantri, penguasaan cara membaca kitab, dan pengetahuan terhadap pemahaman aqidah mahasantri melalui ujian tulis yang dilakukan dua kali pada tengah semester dan akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 09:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 09:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20806 |
Actions (login required)
View Item |