Ramadani, Gofir Ilham (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kepribadian Muslim Peserta Didik Jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Gofir Ilham Ramadani_084 141 381.pdf Download (8MB) |
Abstract
Guru pendidikan agama Islam adalah seseorang yang memiliki tugas tidak hanya mengajar melainkan juga memiliki tugas mendidik, membimbing, menuntun, memberi tauladan dan membantu mengantarkan peserta didik ke arah kedewasaan jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang hendak dicapai yaitu membimbing peserta didik agar menjadi seorang muslim yang sejati, beriman, teguh, beramal sholeh dan berakhlak mulia, serta berguna bagi masyrakat khususnya bagi agam dan negara. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai model dan teladan dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai model dan teladan dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam pengembangan kepribadian muslim peserta didik jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) di SMK Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek penelitian menggunakan puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu : 1) peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik di SMK Negeri 5 Jember sudah di jalankan dengan baik, karena selain menanamkan nilai-nilai ilmu pengetahuan, guru juga selalu mengarahkan dan membimbing peserta didik agar terus berprilaku baik sesuai ajaran agama Islam, selain itu guru juga selalu memberikan pengawasan terhadap prilaku peserta didik dilingkungan sekolah. 2) peran guru pendidikan agama Islam sebagai model dan teladan di SMK Negeri 5 Jember ditunjukkan dengan selalu mengucapkan salam ketika mengawali proses pembelajaran dan mengakhiri pelajaran, selalu mengawali dan mengakhri pelajaran dengan berdoa, guru juga selalu memberikan contoh dalam prilaku, perkataan serta perbuatan yaitu dengan contoh melaksanakan sholat dhuha, jum’at dan dzuhur yang dilaksanakan berjamaah. 3) evaluasi yang di gunakan oleh guru pendidikan agam Islam ialah evaluasi menyeluruh, artinya adalah tidak hanya sifat kognitifnya saja yang di evaluasi, tetapi juga dari segi afektif dan psikomotor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 09:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 09:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20813 |
Actions (login required)
View Item |