MANAJEMEN PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BANYUWANGI

Fawaiz, Kamila Putri (2022) MANAJEMEN PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BANYUWANGI. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq jember.

[img] Text
KAMILA PUTRI FAWAIZ_203026010017.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kamila Putri Fawaiz, 2022: “Manajemen Program Sistem Kredit Semester (SKS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi”. Pembimbing I: Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, M. Si. Pembimbing II: Dr. H. Mashudi, M.Pd.
Kata kunci: Manajemen, program SKS

Program sistem kredit semester merupakan inovasi program layanan pendidikan ditujukan supaya peserta didik ditempatkan sesuai dengan bakat, minat, dan kecepatan belajarnya. Pelaksanaan program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan pembelajaran paling cepat tuntas 2 tahun dan selambat-lambatnya 4 tahun serta terdapat tim penanggung jawab khusus benchmarking program sistem kredit semester yang berkompeten sehingga tujuan program sistem kredit semester dapat terwujud.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Perencanaan Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi? 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi?.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengungkap dan menganalisis bagaimana perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian adalah dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Selanjutnya data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan member check.
Hasil temuan penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi diantaranya penyusunan kurikulum, menyusun RKJM/RKAM, sistem seleksi peserta didik, serta memberikan pembekalan dan wawasan tentang program SKS. 2) Pelaksanaan Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 meliputi pelaksanaan pembelajaran tuntas, bahan belajar menggunakan UKBM berbasis KD, menggunakan kurikulum 2013, menentukan beban belajar, pemetaan peserta didik. 3) Evaluasi Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi meliputi evaluasi penyelenggaraan program SKS dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, evaluasi kurikulum, evaluasi terhadap pengelola meliputi tingkat relevansi penyelenggaraan SKS dengan visi, misi dan tujuan madrasah dan evaluasi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Kamila Putri
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:36
Last Modified: 24 Mar 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item