Studi Literatur:Potensi Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati

sayida muftikha, ida (2022) Studi Literatur:Potensi Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sayida Muftikha Skripsi Full Wtm.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sayida Muftikha Dewi, 2022: “Studi Literatur: Potensi Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati”.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Siswa, Keanekaragaman Hayati.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan tehnik pembalajaran yang lebih menekankan kepada para siswa agar memiliki peran aktif dalam proses belajar dengan dibantu oleh seorang guru dengan mengaitkan materi yang diberikan dengan pengetahun yang miliki siswa di kehiduapan sehari-hari. Melalui latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dalam hal ini penulis akan merumuskan fokus penelitian berupa potensi penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Berangkat dari fokus penelitian di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan potensi penggunaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif desain. Penelitian ini hanya menggunakan pengumpulan data dan analisi data yang berasal dari berbagai artikel jurnal nasional dan internasional, serta berbagai hasil penelitian terdahulu seperti skripsi dan tesis. Studi literatur atau Studi Kepustakaan (Libarary Research) atau sering dikenal dengan riset kepustakaan merupakan jenis dari penelitian ini yang berguna dalam penelusuran jurnal, buku, artikel, dan berbagai hal yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Jenis penelitian ini merupakan cara yang digunakan untuk menghimpun sumber terkait yang berhubungan dengan tema penelitian yang diangkat
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 50 hasil penelitian terdapat 72% yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keanekaragamn hayati. Bahkan, sisanya sebanyak 28% laporan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi biologi selain keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Sayida Muftikha
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:29
Last Modified: 24 Mar 2023 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item