Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Nilai-nilai Ajaran Agama Islam pada Kalangan Istri-Istri Tentara di Perumahan Brigif, Patrang, Jember.

Rijal, Ahmad Latif (2018) Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Nilai-nilai Ajaran Agama Islam pada Kalangan Istri-Istri Tentara di Perumahan Brigif, Patrang, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Latif Rijal_084 111 118.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kecanggihan dunia modern dengan teknologi dan informasinya ternyata tidak diikuti kemajuan di bidang akhlak. Dunia semakin maju tetapi di sisi lain manusia kian terbelakang. Manusia berhasil mencapai cita-citanya di dunia, tetapi ia gagal memikirkan nasibnya di akhirat kelak. Ironisnya kemunduran akhlak ini juga melanda generasi Islam khususnya para wanita yang menjadi tulang punggung perjuangan Islam di kemudian hari. Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi pada kalangan istri-istri tentara di Perumahan Brigif Patrang Jemberr, berkaitan dengan observasi yang peneliti lakukan di Perumahan Brigif Patrang Jember, dimana situasi dan kondisi para istri-istri tentara yang kurang memperhatikan nilai-nilai kaidah Islam karena sibuk dengan berbagai macam kegiatan dan alasan lainnya sehingga kurang memperhatikan kegiatan-kegiatan yang telah diselenggarakan oleh pihak majelis ta’lim sekitar. Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai akidah? 2) Bagaimana peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai syari’ah? 3) Bagaimana peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan tentang nilainilai akhlak? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai ajaran agama Islam pada kalangan istri-Istri tentara di Perumahan Brigif, Patrang, Jember. Selanjutnya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini, diantaranya adalah ketua majelis ta’lim, tokoh agama, dan istri-istri tentara. Metode penelitian menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview,dan dokumentasi, serta analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran tokoh agama dalam meningkatkan pengetahuan tentang nilai-nilai ajaran agama Islam pada kalangan istri-Istri tentara di Perumahan Brigif, Patrang, Jember. Pertama, Peran tokoh agama di bidang akidah dengan mengutamakan pilar yang mendasari keislaman seseorang dengan tauhid atau mempercayai ke-Esaan Tuhan. Adanya keimanan yang semakin kuat, ketakwaan kepada Allah SWT serta melakukan perbuatan baik kepada Allah SWT. Kedua, Peran tokoh agama di bidang syari’ah dengan meningkatkan seluruh kegiatan yang berbentuk pengajian-pengajian, terutama meningkatkan aktifitas ritual seperti memperbanyak shalat sunnah, dzikir dan lain-lain. Ketiga, Peran tokoh agama di bidang syari’ah dengan cara mengadakan pengajian rutin satu minggu sekali sehingga para jamaah dapat menjaga tali silaturahmi dengan sesama, belajar ikhlas dalam bersedekah, bersyukur, selalu bertawakal kepada Allah SWT. dan syiar Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:21
Last Modified: 24 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item View Item