Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Siswa Kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foundation School) T. KlongShaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015

Fattah, Abdul (2015) Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Siswa Kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foundation School) T. KlongShaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Fattah_084 111 060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengajarkan al-Quran kepada peserta didik adalah hal yang penting dalam pendidikan islam. Oleh karenanya Pembelajaran al-Qur’an harus di kenalkan kepada peserta didik. Dan keberhasilan mengelola pendidikan al-Qur’an secara efektif, efesien, dan bermutu tunggi akan sulit terwujud tanpa adanya metode pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, dengan adanya metode peer teaching di harapakan mampu menghasilkan generasi Qur’ani yang berkualitas. Fokus masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode peer teaching dalam meningkatkan Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foudation School) T. Klong Shaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015 ? Sedangkan Sub Fokus Masalah a). Bagaimana Pelakasanaan metode peer teaching dalam meningkatkan Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foudation School) T. Klong Shaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015? b). Bagaimana evaluasi metode peer teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foudation School) T. Klong Shaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015? c). Apa saja kendala dan solusi metode peer teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an siswa kelas VI di Madrasah Al-Ulumuddiniyah (Sassanah Vittaya Foudation School) T. Klong Shaikaw Kongra Phattalung Thailand Tahun 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis deskriptif analisis. Penentuan informan menggunakan pusposive sampling. Lokasi penelitian di Madrasah al-Ulumuddiniyah Sassanah Vittaya Foundation School. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, interview bebas terpimpin, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan umum bahwa penerapan metode peer teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran di Madrasah al-Ulumuddiniyah tahun pelajaran 2014/2015 dikatakan efektif karena ini membuat siswa menjadi aktif dan semangat dalam pembelajaran membaca al-Qur’an. Secara khusus peneliti menyimpulkan: 1). Dalam pelaksanaannya, metode peer teaching dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran ini tidak bisa terlepas dari beberapa komponen metode peer teaching seperti tujuannya, langkah-langkah dan kelebihan yang sesuai digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x dengan aturan/teori peer teaching.dan sudah di laksanakan dengan baik 2) Evaluasi dalam pelaksanaan metode peer teaching meliputi 2 tekhnik evaluasi yaitu Tes dan Non Test. Hanya saja Tekhnik tes tidak di lakukan oleh Madrasah AL-Ulumuddiniyah 3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode peer teaching adalah berasal dari faktor guru dan peserta didik. Sedangkan solusi yang diberikan oleh guru adalah kayu yang di gunakan oleh guru untuk mendisiplinkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:21
Last Modified: 24 Mar 2023 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20854

Actions (login required)

View Item View Item