Gofur, Abdul (2018) Implementasi Metode Tartili dalam Meningkatkan Keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Abdul Gofur_084138015.pdf Download (2MB) |
Abstract
Belajar Al-Qur’an itu sangatlah penting bagi umat Muslim karena dengan belajar Al-Qur’an bisa mengetahui bahasa Al-Qur’an dan memahaminya sebagai dasar dan petunjuk bagi umat. Namun dari pada itu untuk membaca Al-Qur’an membutuhkan metode membaca Al-Qur’an. Dari beberapa metode yang ada, metode tartili lebih mengutamakan psikologi anak, karena dalam metode ini anak dapat membaca dengan baik tanpa harus mempelajari materi yang seharusnya dipelajari setelah bisa membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripisi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca AlQur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember. 3) Untuk mendiskripsikan evaluasi metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Penetuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel ialah ketua yayasan, ustadz-ustadzah dan santri. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model siklus interaktif, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah:1) perencanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember: a. mempersiapkan materi yang akan diberikan dalam pembelajaran b. Mempersiapkan perangkat pembelajaran; 2) pelaksanaan metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember a) menyesuaikan dengan kemampuan santrisantri yang telah dibagi dalam setiap jilid, b) diawali dengan menggunakan metode klasikal yang diawali dengan guru membaca terlebih dahulu kemudian dilanjut dengan murid secara bersama-sama, c) dilanjutkan dengan metode sorogan individu sampai memahami tajwid dari setiap halaman yang dibaca;. 3) evaluasi metode tartili dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hidayah Kesilir Wuluhan Jember : a. Evaluasi Harian, b. Evaluasi tingkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:21 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20855 |
Actions (login required)
View Item |