Aisah, Elok Maisaroh (2018) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Elok Maisaroh Aisah_084141447.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penanaman nilai-nilai religius merupakan upaya menanamkan nilai-nilai yang bersumber dari ajaran agama yang dianut seseorang yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari yang pada dasarnya memiliki tujuan yakni agar seseorang maupun siswa dalam kehidupannya tidak terlepas dari pengalaman agama, berahlak mulia, berkepribadian luhur serta berwatak Islami. Sebagai salah satu Madrasah Tsanawiyah swasta di Jember, Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Annidhom memiliki banyak kegiatan keagamaan yang sudah berjalan cukup baik sejak tahun 2014 yaitu diantaranya adalah kegiatan shalat Dhuhur berjama’ah, shalat Dhuha berjama’ah, Istigosah, kegiatan membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, tadarus keliling (darling) dan hadrah keliling (harling). Kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut bertujuan untuk mendidik peserta didik agar menjadi pribadi yang Islami dan disiplin dalam hal ibadah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi penanaman nilai ibadah melalui kegiatan keagamaan di MTs Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018; (2) Bagaimana Implementasi penanaman nilai keteladanan melalui kegiatan keagamaan di MTs Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018; (3) Bagaimana Implementasi penanaman nilai amanah (tanggung jawab) melalui kegiatan keagamaan di MTs. Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan implementasi penanaman nilai ibadah, nilai keteladanan dan nilai amanah (tanggung jawab) melalui kegiatan keagamaan di MTs. Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah : 1) Implementasi penanaman nilai ibadah melalui kegiatan keagamaan di MTs Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Proses menanamkan nilai ibadah pada siswa yaitu agar disiplin dalam hal ibadah terdiri dari tiga kegiatan keagamaan yaitu, a) kegiatan ibadah sholat dzuhur berjama’ah, b) kegiatan sholat dhuha berjama’ah dan c) kegiatan rutin istigosah setiap hari jum’at; 2) Implementasi penanaman nilai keteladanan melalui kegiatan keagamaan di MTs Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Proses menanamkan nilai keteladanan pada siswa yaitu dicontohkan dengan cara melibatkan para guru dalam setiap kegiatan sebagai bentuk wujud keteladanan, terdiri dari dua kegiatan keagamaan yaitu, kegiatan tartil membaca Al-Qur’an dan asmaul husna sebelum. pelajaran dimulai; 3) Implementasi penanaman nilai amanah (tanggung jawab) melalui kegiatan keagamaan di MTs Annidhom Gladak Pakem Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Proses menanamkan nilai amanah pada siswa yaitu dengan memberi siswa rasa tanggung jawab yang dilaksanakannya atau diterapkan dalam dua kegiatan keagamaan yaitu, a) kegiatan darus keliling yang di singkat (Darling) dan b) kegaiatan hadrah keliling yang di singkat (Harling).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:21 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20857 |
Actions (login required)
View Item |