Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2015.

Khoironi, Achmad Imam (2015) Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD IMAM KHOIRONI_084 111 155.pdf

Download (852kB)

Abstract

Untuk membentuk seseorang peserta didik agar berakhlak mulia sangat dibutuhkan keseriusan dan arahan-arahan yang terus menerus. Allah memuji Nabi disebabkan karena beliau memiliki ahklak yang mulia. Sehingga Nabi menjadi orang yang disegani baik oleh kawan maupun lawan, beliau menjadi model muslim sejati yang tidak ada duanya. Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah mengemukakan, bahwa tujuan pendidikan akhlak adalah merealisasikan ubudiyah kepada Allah SWT yang menjadi sebab utama kebahagian manusia. Tidak ada kebahagian dan tidak ada keberuntungan bagi manusia kecuali dengan menjauhkan diri dari akhlak yang tercela dan menghiasi diri dengan akhlak yang terpuji. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana tujuan pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah? (2). Bagaimana materi atau isi pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah?. (3). Bagaimana metode pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauiziyyah? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1). Untuk mendeskripsikan tujuan pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah. (2). Untuk mendeskripsikan materi atau isi pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziiyah. (3). Untuk mendeskripsikan metode pendidikan akhlak menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan konten analisis. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu qoyyim Al-Jauziyyah meliputi (1) tujuan pendidikan akhlak yaitu (a). Tujuan mendapatkan ridho Allah (b). Tujuan terbentuknya pribadi muslim yang luhur dan mulia (c). Tujuan terhindarnya dari perbuatan yang hina dan tercela. (2). Materi atau isi pendidikan akhlak yaitu (a). akhlak kepada Allah. (b). akhlak kepada alam semesta atau lingkungan (c). akhlak terhadap sesama manusia dan (3). Metode pendidikan akhlak yaitu (a). metode membaca (b). metode ceramah (c). metode teladan (d). metode latihan dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20862

Actions (login required)

View Item View Item