Pola Komunikasi Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di MTs Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Masruroh, Handriyatul (2018) Pola Komunikasi Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di MTs Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Handriyatul Masruroh _084 141 244.pdf

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi antar sekolah dengan orang tua sangatlah penting karena semakin intensif komunikasi yang terjalin maka semakin kecil masalah yang dihadapi khususnya masalah aktivitas baik di sekolah maupun di luar sekolah atau di rumah. Sekolah dan orang tua memiliki ikatan penting dalam menjalin silaturrahmi untuk mengetahui sikap dan perilaku anak di luar jam sekolah, begitupun sebaliknya orang tua selalu membutuhkan informasi dari guru kelas yang bersangkutan. Fokus penelitian dalam skipsi ini adalah 1) Bagaimana Pola Komunikasi Interpersonal Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Pola Komunikasi Kelompok Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana Pola Komunikasi Massa Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di MTs Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan Pola Komunikasi Interpersonal Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendiskripsikan Pola Komunikasi Kelompok Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendiskripsikan Pola Komunikasi Massa Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Pola Komunikasi Interpersonal Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung yaitu dengan pertemuan secara face to face antara guru dengan orang tua dan melakukan Home visit atau kunjungan rumah dilakukan oleh pihak sekolah. 2) Pola Komunikasi Kelompok Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung yaitu adanya Rapat antar pihak sekolah dengan orang tua. Jadi sekolah meggundang orang tua siswa untuk hadir ke sekolah. 3) Pola Komunikasi Massa Pihak Sekolah Dengan Orang Tua Untuk Mengontrol Aktivitas Siswa Di Mts Zainul Hasan Balung yaitu dengan menggunakan media yaitu SMS Kedung Info, Grup Whattshap Paguyuba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item