Peran Konselor Dalam Menanamkan Spiritual Quotient Pada Siswa Jurusan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejurian Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Basri, Hasan (2018) Peran Konselor Dalam Menanamkan Spiritual Quotient Pada Siswa Jurusan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejurian Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hasan Basri_084 141 268.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilator belakangi adanya keunikan pada seorang konselor di SMKN 5 Jember, keunikan tersebut adalah pada hakikatnya seorang konselor yang berada di lembaga merupakan tenaga guru yang paling ditakuti oleh siswa. Namun justru sebaliknya di SMKN 5 Jember seorang konselor diminati sendiri oleh siswa agar member arahan terhadap apa yang di alaminya. Bahkan tidak hanya itu saja yang membuat siswa merasa ingin di bina pada saat ia kesulitan atau punya masalah, konselor juga melakukan binaan secara islami, yaitu dengan cara menanamkan karakter semangat dalam beribadah, disiplin, dan berakhlak tanpa adanya paksaan atau acaman dari konselor yang bersangkutan. Fokus peneilitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana peran konselor sebagai pembimbing dalam menanamkan Spiritual Qoutient pada siswa Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana peran konselor sebagai pendidik dalam menanamkan Spiritual Qoutient pada siswa Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember? Sedangkan tujuan penelitan dalam skripsi ini adalah:1) Mendeskripsikan peran konselor sebagai pembimbing dalam menanamkan Spiritual Qoutient pada siswa Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember. 2) Mendeskrisikan peran konselor sebagai pendidik dalam menanamkan menanamkan Spiritual Qoutient pada siswa Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitia menggunakan fenomenologi penentuan subjek penelitian purposive teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data interaktif dan model huberment yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) peran konselor sebagai pembimbing dalam menanamkan spiritual Qoutient pada siswa yaitu konselor memposisikan diri sebagai pemberi arahan, bantuan dan binaan pada siswa dengan cara bekerja sama dengan pihak orang tua, guru PAI, wali kelas serta konselor memposisikan diri sebagai sahabat pendengar setia curhatan siswa, sehingga siswa mempercayai apa yang diarahkan oleh konselor 2) Peran konselor sebagai pendidik dalam menanamkan spiritual Qoutient pada siswa yaitu konselor memposisikan diri sebagai tauladan serta dalam melakukan didikan pada siswa konselor memiliki trik khusus yang membuat siswa terempati sehingga konselor mudah dalam merubah keyakinannya. Namun keberhasilan didikan konselor juga didukung adanya program sekolah seperti literasi baca Al-qur’an, sholat dhuha berjamaah, sholat dluhur dan asyar berjamaah, bahkan perubahan seorang siswa juga tergantung pada individunya, konselor hanya bersifat sebagai vasilitator dalam memberi arahan dan keyakinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item