Peran Kegiatan Keagamaan dalam Pendidikan Akhlak Masyarakat di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi Tahun 2015.

Jauhari, Ahmad Aziz (2015) Peran Kegiatan Keagamaan dalam Pendidikan Akhlak Masyarakat di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Aziz Jauhari_084 101 269.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zaman modern yang sarat dengan kemajuan baik di bidang ilmu pengetahuan ataupun sains, terkadang manusia terseret oleh arus global yang mengakibatkannya keluar dari fitrahnya (agama) dan terpuruk dalam kubangan dunia materialistik yang akhirnya menjadikannya sebagai manusia materialis dan berujung pada sekularis. Spiritualitas mereka kosong dan yang ada hanyalah kegundahan dan ketidaktenangan hidup. Akibatnya, banyak kriminalitas tejadi di negeri yang mayoritas beragama Islam ini. Degradasi moral yang semakin hari semakin tampak seolah menjadi sistem snow balling. Oleh karena itu, agama Islam hadir sebagai agama yang bertujuan memperbaiki akhlak manusia. Kegiatan-kegiatan keagamaan dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya dalam mendekatkan diri pada sang Khaliq. Dalam hal ini, kegiatan keagamaan penting untuk dilakukan juga dalam rangka pembinaan akhlak yang cukup berperan penting dalam mengatasi masalah amoral pada masyarakat di zaman modern saat ini. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran kegiatan keagamaan dalam pendidikan akhlak masyarakat di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi Tahun 2015. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana peran kegiatan keagamaan dalam pendidikan akhlak masyarakat di Desa Sambimulyo? dan bagaimanakah peran kegiatan keagamaan dalam pendidikan akhlak, baik akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, maupun akhlak kepada alam pada masyarakat di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi Tahun 2015? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kegiatan kegamaan dalam pendidikan akhlak, baik akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, maupun akhlak kepada alam dalam masyarakat di Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Tahun 2015. Secara teknis, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis datanya adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, sedangkan validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu kegiatan kegamaan sangat berperan penting dalam pendidikan akhlak, baik akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, maupun akhlak kepada alam dalam masyarakat karena kegiatan keagamaan di Desa Sambimulyo dilakukan pada semua kalangan, mulai dari usia dini, remaja, hingga orang dewasa. Sebagai masyarakat Muslim yang beradab dan berbudaya, oleh karena itu, adab dan budaya di desa tersebut adalah budaya Islam, yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item