Problematika peningkatan kompetensi guru tersertifikasi dalam proses pembelajaran di SDN 03 Selomukti, Mlandingan, Situbondo Tahun Pelajaran 2015/ 2016.

Khairullah, Ahmad (2015) Problematika peningkatan kompetensi guru tersertifikasi dalam proses pembelajaran di SDN 03 Selomukti, Mlandingan, Situbondo Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Khairullah_084 111 031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Situbondo terdapat sebuah sekolah yaitu SDN 03 Selomukti, yang mana sekolah tersebut memiliki beberapa guru yang telah sertifikasi. Akan tetapi empat kompetensi yang wajib dimilliki guru tersertifikasi di sekolah tersebut belum juga menampakkan peningkatan. Dengan sejahteranya kehidupan seorang guru seharusnya dapat memicu peningkatan kualitas pendidikan. Apa yang menjadi penyebab guru yang telah mendapatkan sertifikasi masih belum meningkatkan kompetensi yang dimilikinya sebagai seorang guru. Fokus penelitian adalah Bagaimana Problematika Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Professional, dan Kompetensi Sosial Guru Tersertifikasi Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 03 Selomukti, Mlandingan, Situbondo. Tujuan penelitian yaitu untuk Mendeskripsikan Problematika Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Professional, dan Kompetensi Sosial Guru Tersertifikasi Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 03 Selomukti, Mlandingan, Situbondo. Untuk meneliti permasalahan tersebut, peneliti disini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah informan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasisumber. Hasil penelitian: Problematika peningkatan kompetensi guru tersertifikasi di SDN 03 Selomukti yaitu Guru tersertifikasi di SDN 03 Selomukti memang memiliki empat kompetensi yang wajib dimilikinya yaitu guru yang profesional memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Akan tetapi dari setiap kompetensi yang dimiliki oleh guru tersertifikasi pada indikator tertentu belum dilaksanakan secara optimal. Karena terdapat beberapa problem seperti kemampuan mengelola pembelajaran, kepribadian yang kurang disiplin, kemampuan mendayagunakan sumber pembelajaran, serta kemampuan berempatik dan santun dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item