Peran Pengurus Pesantren dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember

Farida, Ifa Nur (2018) Peran Pengurus Pesantren dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifa Nur Farida_084128029.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kedisiplinan menjadi modal utama dalam mempersiapkan santri untuk memiliki jiwa yang mandiri, berakhlakul karimah, dan mampu bersosialisasi. Kedisiplinan sebagai salah satu aplikasi dari pendidikan karakter demi terbentuknya nilai-nilai moralitas yang menjadi cirikhas kehidupan santri di pondok pesantren, namun demikian pengurus pesantren memiliki peran vital dalam upaya pembentukan dan peningkatan aspek dan nilai-nilai dari kedisiplinan itu sendiri. Adanya peran pengurus pesantren inilah yang menjadi fokus kajian utama dalam pembahasan skripsi ini. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini membahas mengenai : 1). Bagaimana peran pengurus pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri secara internal di pondok pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember?. 2). Bagaimana peran pengurus pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri secara eksternal di pondok pesantren AsSyafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk :1). Mendeskripsikan peran pengurus pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri secara internal di pondok pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. 2). Mendeskripsikan peran pengurus pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri secara eksternal di pondok pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. Metode dalam penelitian inimenggunakanpendekatankualitatif, subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan datanya melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi/keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian skripsi ini yaitu: pengurus pesantren berperan dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui adanya disiplinsecara internal dan eksternal di pondok pesantren As-Syafi’iyah Sukorejo Bangsalsari Jember. Peningkatan kedisiplinan tersebut dilakukan melalui adanya beberapa jadwal aktifitas/ kegiatan santri dan program pembiasaan santri secara istiqomah, evaluasi struktur kepengurusan, prinsip keteladanan sikap dan perilaku pengurus merupakan salah satu barometer terwujudanya kedisiplinan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item View Item