Peranan dan Pengendalian Account Officcer Dalam Mengatasi Pembiayaan Bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang.

Marzuki, Ahmad (2018) Peranan dan Pengendalian Account Officcer Dalam Mengatasi Pembiayaan Bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Marzuki_083 133 068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Account Officer yang menjadi bagian dari dunia perbankan memiliki salah satu tugas yaitu menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pembiayaan bermasalah. Peran dan pengendalian Account Officer dalam mengatasi pembiayaan bermasalah sangat dibutuhkan oleh bank guna menghindari terjadinya kondisi bank yang tidak sehat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa faktor umum penyebab pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang? 2) Apa peranan Account Officer terhadap pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang? 3) Bagaimana pengendalian Account Officer terhadap pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang? Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor umum penyebab pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang, untuk mengetahui peranan Account Officer terhadap pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang, untuk mengetahui pengendalian Account Officer terhadap pembiayaan bermasalah di BRI Syariah KCP Kepanjen Kabupaten Malang Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber yang ada yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan kesimpulan yaitu 1) Faktor-faktor umum penyebab pembiayaan bermasalah karena faktor dari kesalahan pihak bank (faktor internal), kesalahan nasabah, force majeur (faktor eksternal). 2) Peranan account officer terhadap pembiayaan bermasalah dengan cara musyawarah atau diskusi lalu memberikan penawaran solusi kepada nasabah. 3) Pengendalian Account Officer terhadap pembiayaan bermasalah ditempuh dengan 2 (dua) cara yaitu sebelum terjadinya pembiayaan bermasalah menggunakan prinsip 5C dalam permohonan pembiayaannya dan saat terjadinya pembiayaan bermasalah menggunakan rescheduling, restructuring, reconditioning, execution collateral. Kata Kunci: Peranan Account Officer, Pengendalian Account Officer, Pembiayaan Bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item