Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Dusun Kauman Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Nasir, Ahmad (2015) Implementasi Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Dusun Kauman Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD NASIR_084104004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Metode Iqro’, Kemampuan Membaca al-Qur’an, Siswa MI Miftahu Ulum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan banyaknya umat Islam yang mengalami kesulitan dalam membaca al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang ada. Untuk memberantas dan mengatasi kesulitan tersebut MI Miftahul Ulum Kauman Tempurejo dengan penerapan metode Iqro’ untuk mengentaskan buta huruf baca al-Qur’an khususnya bagi siswa MI Miftahul Ulum. Adapun fokus penelitian pada penelitian ini terbagi ke dalam dua persoalan. 1) Bagaimana implementasi metode Iqro’ dengan ceramah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kauman Tempurejo Tahun Ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana implementasi metode Iqro’ dengan Drill/Latihan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kauman Tempurejo Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian pada penelitian ini terbagi kedalam dua persoalan. 1) Untuk mendekripsikan implementasi metode Iqro’ dengan ceramah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kauman Tempurejo Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Untuk mendekripsikan implementasi metode Iqro’ dengan Drill/Latihan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kauman Tempurejo Tahun Ajaran 2014/2015? Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Adapun prosedur pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa datanya adalah Reduksi data, Penyajian data, penarikan Kesimpulan dan Verivikasi. Adapun pengujian keabsahan datanya yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa dalam implementasi metode Iqro’ dengan menggunakan metode ceramah dan drill atau latihan di MI Miftahul Ulum Kauman Tempurejo, faktanya bedasarkan observasi dan interview dengan informan dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kauman Tempurejo Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:22
Last Modified: 24 Mar 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item