Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Arisandi, Imam Ikhlas (2018) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Ikhlas Arisandi_084 111 343.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang terjadi sebagai bentuk dari pengaruh perkembangan informasi dan arus globalisasi yang pesat. Pengaruh yang sangat luas dapat terlihat dari tingkah laku siswa yang semakin tidak menunjukkan akhlak yang baik (terpuji). Perlu dipahami dan disadari bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran aqidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam bertingkah laku. Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam menanggulangi kenakalan siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana pengendalian dari pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember tahun pelajaran 2017/2018? (4) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Bahjatul Ulum Sukowono Jember tahun pelajaran 2017/2018?. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis data pola case quintance dialectic (satu kasus). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kreadibilitas data (validitas internal), uji dependabilitas (reliabilitas) data, uji transferabilitas (validitas eksternal/ generalisasi), dan uji konfirmabilitas (obyektivitas). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran aqidah akhlak yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak antara lain yaitu: (a) Menganalisis tujuan pembelajaran. (b) Merancang pembelajaran (RPP). (c) Mendesain pembelajaran dengan melihat kondisi siswa dan kelas. (d) kegiatan pembacaan Al-Qur’an 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. (2) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak meliputi (3) Pengendalian pembelajaran aqidah akhlak dalam menangulangi kenakalan siswa dilakukan dengan (4) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa terdiri perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item