Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kontrol Diri (Self Control) Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Erviana, Irma (2018) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kontrol Diri (Self Control) Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irma Erviana_084 141 276.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru memegang peranan utama dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam pendidikan baik formal maupun non formal. SMPN 8 Jember telah menjadikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai unsur terpenting. dalam membina kontrol diri (self control) siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengontrol (perilaku, kognitif dan keputusan) siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana langkahlangkah guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kontrol diri siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kontrol diri siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengontrol (perilaku, kognitif dan keputusan) siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kontrol diri siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kontrol diri siswa di SMPN 8 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini menggunakan Purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengontrol (perilaku, kognitif dan keputusan) siswa di SMPN 8 Jember yaitu memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa, pada proses pembelajaran dimulai dari menyampaikan materi, menggunakan metode pembelajaran, guru juga menciptakan suasana yang nyaman dan membangun emosi positif siswa. 2) Langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam membina self control siswa di SMPN 8 Jember yaitu: a) konsultasi siswa dengan guru Pendidikan Agama Islam, b) Kerjasama dengan guru BK, c) Penanaman nilai-nilai keagamaan. 3) Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina self control siswa di SMPN 8 Jember yaitu: a) Faktor Pendukung: Kerja sama dari semua pihak pendidik serta seluruh komponen yang ada disekolah, kebijaksanaan sekolah dalam menerapkan kedisiplinan. b) Faktor Penghambat: Kurang mampunya siswa dalam membaca Al-Qur’an serta mengerjakan sholat, dan waktu guru yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item