Internalisasi Nilai-Nilai Islam pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Sholihah, Ista Syafa'atus (2018) Internalisasi Nilai-Nilai Islam pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ista Syafa’atus Sholihah_084 141 003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tradisi dalam masyarakat Jawa adalah bagian dari budaya yang wajib untuk dilestarikan, mengingat tradisi adalah identitas yang menunjukkan eksistensi dari masyarakat tersebut. Eksistensi dari tradisi masyarakat Jawa-Islam sudah selayaknya dijadikan sebagai objek penanaman nilai-nilai keislaman dalam rangka menghilangkan sikap sinkretisme, yang mencampur adukkan nilai Islam dan tradisi yang tidak sesuai. Internalisasi dirasa menjadi hal yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga tradisi tetap terlaksana dengan penghayatan nilai-nilai Islam di dalamnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Internalisasi Nilai-Nilai Islam pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi, dengan rincian permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimanakah Nilai-nilai Akidah pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis?; 2. Bagaimanakah Nilai-nilai Syari’ah pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis?; 3. Bagaimanakah Nilai-nilai Akhlak pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk Mengetahui Nilai-nilai Akidah pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis; 2. Untuk Mengetahui Nilai-nilai Syari’ah pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis; 3. Untuk Mengetahui Nilai-nilai Akhlak pada Tradisi Jawa Slametan dan Ruwatan di Desa Kalibarumanis. Dalam mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi partisipasi moderat, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman mulai dari reduksi data, verifikasi data dan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Nilai-nilai akidah pada tradisi slametan dan ruwatan terletak pada niat yang dipanjatkan dan makna hidangan yang disajikan; 2. Nilai-nilai syariah pada tradisi slametan dan ruwatan yaitu terletak pada kaidah ubudiyah, yaitu ibadah kepada Allah berupa doa yang dipanjatkan dalam tradisi, dan kaidah muamalah terletak pada hubungan silaturrahmi yang tercipta berkat pelaksanaan tradisi tersebut; 3. Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam tradisi slametan dan ruwatan, yaitu akhlak terhadap Allah (iman, taqwa, syukur, ikhlas, dan tawakal), akhlak terhadap sesama manusia (tolong menolong, ukhwah, toleransi), akhlak terhadap lingkungan, tidak cepat menyalahkan, dan gotong royong dalam pelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item View Item