Isnaini, Anik Nurul (2015) Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ANIK NURUL ISNAINI_084 111 059.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran. Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam 2 (dua) hal, yaitu integrasi sikap, kemampuan/keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran serta pengintegrasian berbagai konsep dasar yang berkaitan Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 tahun pelajaran 2014/2015?. Sub fokus penelitian: 1. bagaimana perencanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1? 2. bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1?3. bagaimana evaluasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1?. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah 1. untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1. 2. untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1. 3. untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data adalah kepala sekolah, guru PAI, guru kelas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Analisis data menggunakan model interaktif yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah kesimpulan umum dari implementasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 tahun pelajaran 2014/2015 yaitu telah melakukan implementasi pembelajaran tematik integraif meliputi dari tahap perencanaan pembelajaran, pelakasanaan pembelajaran dan evaluasi. Adapun dari kesimpulan (1) Perencanaa pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejoyang meliputi pemetaan KI, KD dan indikator, menetapkan tema, penyusunan silabus, penyusunan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 yang meliputi pemilihan materi pembelajaran, strategi pembelajaran, media dan sumber pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Kalirejo 1 yang meliputi penilaian hasil belajar dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:23 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20880 |
Actions (login required)
View Item |