Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada Anak-anak Dhuafa di Komunitas Save Street Child (SSC) Jember.

Jannah, Annisa Rokhmatul (2015) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada Anak-anak Dhuafa di Komunitas Save Street Child (SSC) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa Rokhmatul Jannah_084 111 255.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan Indonesia, oleh karena itu setiap warga negara berhak mendapat pendidikan terutama anak-anak dhuafa yang tergolong anak yang terlahir dari keluarga kurang mampu dari segi finansial. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat. Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan hal yang sangat penting kepada anak-anak dhuafa karena hal tersebut menjadi dasar pengembangan jiwa anak sehingga bisa memberi out put bagi pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat luas. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek akidah kepada Anak-anak Dhuafa di Komunitas SSC Jember?, (2) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek akhlak kepada Anak-anak Dhuafa di Komunitas SSC Jember?, (3) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam aspek ibadah kepada Anak-anak Dhuafa di Komunitas SSC Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akidah kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember, (2) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akhlak kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember, (3) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek ibadah kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan penentuan sumber data menggunakan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, dan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Bentuk internaslisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember dalam aspek akidah yaitu dengan cara memberikan pemahaman kepada anak-anak akan hakikat Tuhan (bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah) dan asma’ wa sifat-Nya, memberikan keyakinan kepada anak-anak akan kekuasaan Allah dengan cara mengamati benda-benda disekeliling mereka yang merupaka bukti ciptaan Allah, memberikan buku-buku keagamaan atau kisah- kisah nabi dan rasul kepada anak-anak; (2) Sedangkan bentuk internalisasi nilai- nilai pendidikan agama Islam kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember dalam aspek akhlak yaitu dengan cara membiasakan berbuat baik kepada makhluk Allah SWT, menghormati orang yang lebih tua, bertanggung jawab dan meminta maaf atas apa yang telah ia lakukan; (3) Selanjutnya bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada anak-anak dhuafa di komunitas SSC Jember digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii dalam aspek ibadah yaitu dengan cara memberikan buku absen doa dan shalat lima waktu kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item