Pelaksanaan Program Remedial Rumpun Mata Pelajaran Keagamaan Bagi Siswa MTs Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri dan Non Santri di Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018

Nisa', Khoirun (2018) Pelaksanaan Program Remedial Rumpun Mata Pelajaran Keagamaan Bagi Siswa MTs Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri dan Non Santri di Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirun Nisa’_084141170.pdf

Download (32MB)

Abstract

Pelaksanaan program remedial rumpun mata pelajaran keagamaan yaitu suatu program pengajaran remedial diadakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan membantu siswa untuk memecahkan permasalahan belajarnya. Sedangkan rumpun mata pelajaran meliputi mata pelajaran Fiqih, Akidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam dan AL-Qur’an Hadits. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Program Remedial Rumpun Mata Pelajaran Keagamaan Bagi Siswa Mts Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri Dan Non Santri Di MTS Bustanul Ulum Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Pendekatan Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Rumpun Keagamaan Bagi Siswa MTs Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri dan Non Santri di Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Bentuk Pelaksanaan Program Remedial Mata Pelajaran Rumpun Keagamaan Bagi Siswa MTs Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri Dan Non Santri Di Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018.2) Mendeskripsikan Pendekatan Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Rumpun Keagamaan Bagi Siswa MTs Bustanul Ulum Berlatar Belakang Santri dan Non Santri di Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan pendekatan fenomenologi untuk menganalisa fenomena fenomena sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi secara pertisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Bentuk pelaksanaan program remedial mata pelajaran Fiqih yaitu dengan penggunaan lembar kerja, mata pelajaran Aqidah Akhlaq yaitu dengan mangajarkan kembali, Al-Qur’an Hadits yaitu dengan menggunakan tutor sebaya, dan Sejarah Kebudayaan Islam yaitu dengan mengajarkan kembali.. 2) Pendekatan pembelajaran yang digunakan dala remedial yaitu pendekatan kuratif dan pendekatan preventif. Pendekatan kuratif diberikan kepada siswa yang kurang mampu mengikuti dan menguasai materi dengan tuntas, baik sebagian materi pelajaran maupun keseluruhannya. Sedangkan pendekatan preventif diberikan kepada siswa yang berpotensi dan diduga mengalami kesulitan belajar dan juga mengalami kesulitan menyelesaikan program pembelajaran yang harus ditempuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item