PelaksanaanEvaluasiBerbasisPortofolioPadaPelajaranPe ndidikan Agama Islam di SMP AinulYaqinAjungKabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hakim, Aris Lukmanul (2015) PelaksanaanEvaluasiBerbasisPortofolioPadaPelajaranPe ndidikan Agama Islam di SMP AinulYaqinAjungKabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aris Lukmanul Hakim_084 101 231.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan nasional pada hakekatnya merupakan pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yakni melalui pendidikan. Kualitas pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Upaya strategis pendidikan yakni sekolah. Melalui pendidikan yang dilaksanakan di setiap sekolah, dengan diimplementasikannya evaluasipembelajaran dengan tepat diharapkan dapat menciptakan perubahan. Baik perubahan sikap maupun pengetahuan serta mampu membentuk kepribadian peserta didik untuk menjadi lebih baik. Upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan menerapkan mekanisme evaluasipembelajaran untuk mewujudkan kualitas out-put atau lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang berkualitas. Fokuspenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Evaluasiberbasisportofoliopadapelajaranpendidikan Agama Islam di SMP AinulYaqinAjung Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2014/2015. Pokokmasalah penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaanevaluasiberbasisportofoliopadamateriqurdistdalampelajaranpendidika n Agama Islam din SMP AinulYaqinAjungKabupaten Jember. 2) Bagaimana pelaksanaanevaluasiberbasisportofoliopadamateriakidahahlakdalampembelajaranp endidikan Agama Islam di SMP AinulYaqinAjung KabupatenJember. 3) Bagaimana pelaksanaanevaluasiberbasisportofoliopadamaterifiqihdalampembelajaranpendidi kan Agama Islam di SMP AinulYaqinAjungKabupaten Jember. Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Umum pelaksanaan evaluasi berbasisi portofolio pada pelajaran pendidikan Agama Islamdi SMP Ainul Yaqin sangat membawa dampak positif bagi semnagat belajar siswa, ini bias di lihat dari kebiasaan siswa yang lebih rajin mengikuti serta banyak karya siswa yang berkualitas. Kesimpulan khusus:a) pelaksanan evaluasi berbasis portofolio membuat peserta didik tidak jenuh dan guru member pembelajaran yang inovatis sehingga peserta didikdiberikan waktu luang untuk menuangkan kreatifitasnya. b) Di SMP Ainul Yaqin Ajung Jember pelaksanaan evaluasi berbasis portofolio pada materi akidah ahlak memberikan kedisplinan dalam proses pembelajaranya, serta bertanggung jawab tugas-tugas/catatan yang telah diberikan guru dalam setiap proses pembelajaran sehinga siswa bersunguh-sunguh dalam mengikuti pembelajaranl. c) pelaksanaan evaluasi dari segi fiqih di terapkan dalam proses pembelajaranya dengan mempratekan sholat sunnah dan wajib dsholat duhur berjamah dan sholat duha sesuai kelas masing-masing dari hasil itulah guru serta orang tua peserta didik dapat mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik dari tugas dan catatan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20886

Actions (login required)

View Item View Item