Integrasi Sains dan Agama pada Pembelajaran Biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang Tahun Ajaran 2017/2018

Ningsih, Marlianawati (2018) Integrasi Sains dan Agama pada Pembelajaran Biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Marlianawati Ningsih_084141125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Integrasi sains dan agama dimaksudkan agar berbagai cabang sains dan agama dapat bekerja sama dan menyatu dalam menghadapi berbagai permasalahan manusia dalam berbagai aspek kehidupannya. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa ilmu adalah buta “science whithout religion is lame, religion without science is blind”. Integrasi ilmu dan sains dapat dilakukan melalui kurikulum, silabus, team teaching, terutama proses pembelajaran. MAN Lumajang adalah satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri yang sudah menerapkan Integrasi aains dan agama dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan keimanan peserta didik, dimana ilmu yang dipandu dengan agama akan mengangkat harkat dan martabat manusia. Berdasarkan uraian di atas maka fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang? 2) Bagaimana pelaksanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang? 3) Bagaimana evaluasi integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang? Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang. 3) Mendeskripsikan evaluasi integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sedangkan dalam penentuan subjek menggunakan tekhnik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam skripsi ini menggunakan model Milas dan Hubarman, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik/metode. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang dengan cara merencanakan tujuan pembelajaran, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran yang akan digunakan dalam integrasi materi biologi dengan ayat al-Qur’an. 2) Pelaksanaan integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang adalah dengan melaksanakan tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran yang sudah direncanakan sesuai dengan integrasi materi biologi dan ayat al-Qur’an. 3) Evaluasi integrasi sains dan agama pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA MAN Lumajang adalah dengan cara melakukan evaluasi tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran sesuai dengan integrasi materi biologi dan ayat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:23
Last Modified: 24 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20887

Actions (login required)

View Item View Item