Implementasi pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhoh siswa tahun 2017/2018.

Mustofa, Moh Anik (2018) Implementasi pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhoh siswa tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Anik Mustofa_084 141 354.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran ekstrakulikuler merupakan bagian terpenting yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendidikan yang bermutu selain dalam pendidikan juga dalam masalah ibadah peserta didik. Pembelajaran ekstrakulikuler harus dilaksanakan secara efektif dan efisien baik dalam prencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya, sehingga dari hal itu akan memberikan kontribusi dalam menjaga moral anak bangsa Indonesia kedepannya. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaraan ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah Siswa Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ekstrakulikuler Kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah Siswa Tahun 2017/2018? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaraan ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah Siswa Tahun 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah siswa tahun 2017/2018. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah siswa tahun 2017/2018. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin ibadah mahdhah siswa tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Perencanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin Ibadah mahdhoh siswa tahun 2017/2018 sama seperti pada umumnya, perencanaan pembelajaran berupa pembuatan silabus dan RPP, akan tetapi dalam pembuatannya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa sehingga pembina lebih menyederhanakan pembuatannya. 2) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin Ibadah mahdhoh siswa tahun 2017/2018, metode, materi dan medianya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa, pembina mengkomunikasikan materinya dengan bahasa yang sederhana dan praktik langsung sehingga siswa mampu memahami materi yang mengacu pada kurikulum sekolah dalam pelaksanaannya sama seperti halnya ekstrakulikuler pada umumnya, akan tetapi disini pembina mengkolerasikan materi yang di ajarkan di kesemaptaan dengan materi yang berkaitan dengan ibadah mahdhah.3) Evaluasi pembelajaran ekstrakulikuler kesemaptaan di SMK N 2 Jember dalam membentuk disiplin Ibadah mahdhoh siswa tahun 2017/2018 yaitu evaluasi yang berupa penilaian tes unjuk kerja yang disesuaikan dengan kemampuan siswa . Kemudian untuk tindakan selanjutnya guru mengadakan remidi kepada siswa-siswa yang nilainya dibawah rata-rata dan mengadakan pengayaan kepada siswa-siswa yang nilainya diatas rata-rata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item