Peran Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Dalam Pendidikan Seksual Di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Almaki, Mohammad Fawaid (2018) Peran Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Dalam Pendidikan Seksual Di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Fawaid Almaki_084 131 013.pdf

Download (6MB)

Abstract

PIK R (pusat informasi dan konseling remaja) memiliki tugas sebagai pemberi pendidikan seksual pada remaja, jadi PIK R bukan mencari informasi mengenai fenomena social tentang seksualitas atau yang berkaitan dengan seks, tetapi sebatas memberikan informasi mengenai seks pada remaja. Pendidikan seksual sangatlah penting diberikan pada anak asal dengan cara yang benar sesuai dengan umur mereka. Karena fenomena yang ada pada masyarakat banyak sekali yang belum mengetahui dampak dari seks bebas. Para remaja mudah sekali terlena dengan indahnya dunia pacaran sehingga terjerumus kedalam hubungan seksual yang sebenarnya belum boleh dilakukan. Yang dipikirkan hanya kesenangan sesaat dan tidak menghiraukan dampak jangka panjangnya. Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka peneliti membuat fokus masalah yaitu: 1) Bagaimana Peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja Sebagai Konselor dalam Pendidikan Seksual di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Thaun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja sebagai Guru dalam Pendidikan Seksual di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Thaun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja Sebagai Konselor dalam Pendidikan Seksual di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan Peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja sebagai Guru dalam Pendidikan Seksual di Sekolah Menengah Kejuruan 2 Pancasila Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah Peran dari PIK R sebagai konselor yaitu memberikan pelayanan berupa pemecahan masalah individu yang bersangkutan dengan cara melakukan sesi konseling tatap muka. Peran PIK R sebagai guru yaitu dengan menjadi informator yang baik agar materi tentang pendidikan seksual dapat di berikan dengan baik, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20891

Actions (login required)

View Item View Item