Pelaksanaan Pembelajaran Tilawatil Qur’an Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017

Pratiwi, Diah Erlina (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Tilawatil Qur’an Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAH ERLINA PRATIWI_084 131 110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Tilawatil Qur’an adalah bagian dari rumpun mata kuliah mahasiswa FTIK Prodi PAI. Perlu diketahui, bahwasanya mata kuliah Pembelajaran Tilawatil Qur’an ini pembahasannya sangatlah luas dan banyak. Pembelajaran Tilawatil Qur’an bertujuan untuk membekali mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami cara membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu, pembelajaran Tilawatil Qur’an merupakan pembelajaran yang bersifat alamiah yang harus mengandung unsur teori dan praktek belajar Tilawatil Qur’an untuk diamalkan. Untuk mempermudahkan proses penelitian ini, maka peneliti membuat beberapa fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1)Perencanaan pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi PAI IAIN Jember yaitu setiap dosen pengampu menggunakan panduan yang sama yaitu Rencana Pembelajaran Semester (RPS)/ Satuan Acuan Pembelajaran (SAP)/ Outline. 2)Proses pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi PAI IAIN Jember sudah menggunakan materi, strategi, metode, dan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Namun dalam proses penyampaian materi, masih berhenti diranah kognisi saja. Sehingga tidak memberikan pemahaman yang mendalam terutama pada ranah prakteknya. 3) Evaluasi pembelajaran tilawatil Qur’an pada mahasiswa Program Studi PAI IAIN Jember yaitu setiap dosen pengampu secara umum menggunakan penilaian UTS dan UAS. Selain penilaian itu juga menggunakan penilaian pada proses pembelajaran, baik dari keaktifan maupun tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item View Item