Peran Kepala Sekolah Dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Budaya Sekolah Di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Bahrullah, Mr (2018) Peran Kepala Sekolah Dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Budaya Sekolah Di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Bahrullah_084 131 330.pdf

Download (35MB)

Abstract

Peran kepala sekolah sangat penting dalam lembaga sekolah, karena kemajuan sekolah sangat bergantung kepada kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan melalui program yang telah direncanakan. Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini yaitu:1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Penanaman Nilai-nilai Meligius Melalui Budaya Sekolah di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Penanaman Nilia-nilai religius Melalui Budaya sekolah Di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Penanaman Nilia-nilai Religius Melalui Budaya sekolah Di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Penanaman Nilia-nilai religius Melalui Budaya sekolah Di SMP Plus Darul Hikmah Cangkring Baru Jenggawah Jember Tahun pelajaran 2017/2018. Untuk menjawab fokus penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dalam pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model milles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/Verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah :1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam penanaman nilai-nilai religius melalui budaya sekolah dijalankan sesuai dengan tupoksinya sebagai pemimpin melalui tahapan kegiatan sebagai berikut: a) perencanaan b) pengorganisasian c) pengarahan d) pengkoordinasian dan e) pengawasan dalam penanaman nilai-nilai religius melalui budaya sekolah yang dipraktekkan setiap hari. 2) Peran kepala sekolah sebagai edukator dalam penanaman nilai-nilai religius melalui budaya sekolah dapat dilihat dari: a) kemampuan membimbing siswa, yakni dengan cara ikut ambil bagian dalam membimbing siswa melalui kegiatan seperti apel pagi, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, kajian kitab, istighosah, majlis sholawat. Yang tujuannya agar para siswa bisa lebih memahami tentang nilai-nilai keagamaan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. b) membimbing guru, kepala sekolah juga harus bisa membimbing guru dalam melaksanakan tugasnya terutama ketika sekolah ingin melaksanakan program baru, yang mana guru sangat memerlukan bimbingan khusus terhadap program yang akan dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20893

Actions (login required)

View Item View Item