Upaya Single Parent dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Studi Kasus Di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo

Amalia, Dwi Novianti (2015) Upaya Single Parent dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Studi Kasus Di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI NOVIANTI AMALIA_084 111 285.pdf

Download (816kB)

Abstract

Keluarga adalah wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian. Oleh karena itu, Islam mengajarkan pada orang tua agar selalu mengajarkan sesuatu yang baik saja kepada anak-anaknya. Di dalamnya selain ada ayah dan ibu juga ada anak yang menjadi tanggung jawab orang tua. Namun ketika dalam keluarga yang bertanggung jawab adalah seorang single parent, seorang anak pastinya akan merasakan tidak lengkapnya kasih sayang orang tua. Dalam hal ini motivasi belajar yang diberikan orang tua single parent melalui pemenuhan fasilitas-fasilitas belajar yang dibutuhkan oleh anak disertai dengan bimbingan terutama perhatian dalam proses belajar akan menimbulkan minat tinggi pada anak terhadap pelajaran tersebut dan pada akhirnya akan menentukan kualitas belajar dari anak. Penelitian ini mengangkat fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Upaya Single Parent dalam memberi fasilitas fisik untuk meningkatkan Motivasi belajar anak di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo Tahun? 2). Bagaimana upaya Single Parent dalam memberi fasilitas non fisik untuk meningkatkan Motivasi belajar anak di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1). Mendeskripsikan upaya Single Parent dalam memberi fasilitas fisik untuk meningkatkan Motivasi belajar anak di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo? 2). Mendeskripsikan upaya Single Parent dalam memberi fasilitas non fisik untuk meningkatkan Motivasi belajar anak di Kelurahan Jrebeng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter terhadap data-data yang diperlukan. Tekhnik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif reflektif yang mempunyai langkahlangkah sebagai berikut yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta validitas data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya single parent dalam meningkatkan motivasi belajar anak di kelurahan jrebeng lor kecamatan kedopok kota Probolinggo sudah terlaksana relatif baik. Namun perlu adanya peningkatan dalam pemberian fasilitas non fisik yaitu pemberian bimbingan dan perhatian yang sangat menunjang terhadap kehidupan anak khususnya terhadap peningkatan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item