Penerapan Metode Tahsin Tilawah Dalam Pembelajaran AlQur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018

Masfufatun, Mr (2018) Penerapan Metode Tahsin Tilawah Dalam Pembelajaran AlQur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Masfufatun_084 141 016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan suatu pedoman hidup bagi manusia untuk dibaca, dipelajari serta dipahami, khususnya bagi ummat Islam. Namun fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa mayoritas ummat bergama Islam di Indonesia masih banyak yang tidak bisa membaca al-Qur’an dengan tepat sesuai kaidah tajwid. Hal ini membutuhkan suatu metode untuk memperbaiki kesalahan dalam membaca alQur’an. Salah satunya adalah metode tahsin tilawah al-Qur’an, yaitu upaya yang digunakan untuk memperbaiki dan membaguskan bacaan al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018?; 2) Apakah faktor pendukung penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018?; 3) Apakah faktor penghambat penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018?; 4) Apakah solusi dari faktor penghambat penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk medeskripsikan penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018; 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018; dan 4) Untuk mendeskripsikan solusi dari faktor penghambat penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo adalah menggunakan metode demonstrasi, kemudian bagi santri tahfidz menggunakan metode mengulang dan menulis. Teknik mengajarnya adalah dengan teknik individual dan teknik klasikal individual; 2) Faktor pendukung penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo adalah minat dan kemauan santri, dukungan keluarga dan guru, serta.lingkungan pesantren yang mendukung dan memotivasi santri untuk mempelajari serta menghafalkan al-Qur’an; 3) Faktor penghambat penerapan metode tahsin tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikam Situbondo adalah adanya santri yang belum memahami kaidah-kaidah tajwid, minimnya waktu kegiatan tahsin, kemalasan santri, dan belum terpenuhinya sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan kegiatan tahsin tilawah al-Qur’an; 4) Solusi dari foktor penghambat yang ada yaitu dengan memberikan latihan dan mengajarkan cara membaca al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, memanfaatkan waktu yang ada secara maksimal agar semua santri mendapat pengajaran secara merata, memberikan penjelasan atau makna dari suatu ayat tentang semangat, pengorbanan sebagai upaya pendorong bagi santri agar terus bersemangat belajar al-Qur’an, memberikan teguran berupa sanksi yang mendidik, seperti membaca dan menghafalkan ayat al-Qur’an, dan memanfaatkan sarana yang ada secara maksimal untuk memberikan pengajaran sesuai kemampuan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20895

Actions (login required)

View Item View Item