Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Hanifah, Ms (2018) Pelayanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Hanifah_084 138 009.pdf

Download (18MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Keberhasilan belajar mengajar antara lain ditentukan oleh tersedianya sarana dan prasarana, salah satunya adalah perpustakaan sebagai gudang bacaan. Perpustakaan yang berjalan sesuai perannya akan sangat membantu para siswa dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelayanan sirkulasi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tahun Pelajaran 2017/2018?. (2) Bagaimana pelayanan refrensi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelayanan sirkulasi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan pelayanan refrensi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitul Hikmah Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelayanan sirkulasi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTs Baitul Hikmah meliputi pelayanan pinjam meminjam koleksi, perpanjangan waktu peminjaman koleksi, pengembalian koleksi serta memberikan layanan yang berupa peemeliharaan bahan koleksi, pelayanan ini diadakan sebagai perputaran bahan koleksi yang di perpustakaan. (2) Pelayanan referensi perpustakaan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTs Baitul Hikmah Tempurejo dilakukan dengan memberikan informasi tentang bahan bacaan yang berupa arahan, dan semua pelayanan yang bersifat informatif, menyediakan referensi jumlah yang cukup banyak dan beragam yang ditata dengan rapi dalam rak-rak buku sesuai dengan bidang ilmunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item View Item