strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember.

Oktareni, Emmy (2015) strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Emmy Oktareni_084111057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses bimbingan konseling konselor membutuhkan strategi bimbingan dan konseling. Karena dengan adanya strategi yang tepat maka proses bimbingan dan konseling akan berjalan dengan baik dan lancar. Berdasarkan dari hal tersebut, penulis memilih untuk mengadakan penelitian strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember. Adapun focus penelitian yang penulis angkat adalah 1) bagaimana pelaksanaan strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember?. 2) bagaimana pelaksanaan metode guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember? 3) bagaimana pelaksanaan teknik guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember?. 4) bagaimana pendekatan guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember?. Dengan tujuan Untuk mendeskripsikan strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember.Untuk mendeskripsikan metode guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat pesertadidik di SMAN 4 Jember. Untuk mendeskripsikan teknik guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember.Untuk mendeskripsikan pendekatan guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat pesertadidik di SMAN 4 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai upaya untuk memperoleh data yang valid, maka di pilih informan dengan mrnggunakan teknik purposif sampling. Dan dalam tehnisnya memilih informan yang dianggap paling mengerti dengan objek yang diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data-data yang di dapatkan kemudian dianalisis secara komprehensif kemudian dengan menggunakan tehnik analisis reflektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru bimbingan dan konseling untuk menjadi sahabat peserta didik di SMAN 4 Jember . Ada 4 strategi yang dilakukan yaitu strategi layanan dasar, layanan responsif, layanan individual dan layanan sistem. 2. Metode yang digunakan ada dua yaitu metode bimbingan kelompok dan individu. 3. Pelayanan BK di SMAN 4 Jember sudah menerapkan 10 teknik bimbingan dan konseling yaitu teknik rapport, perilaku attending,teknik strukturing, empati, refleksi perasaan, teknik eksplorasi, teknik paraphrasing, teknik bertanya,dorongan minimal, dan interpretasi. 4. Pendekatan yang dilakukan guru BK di SMAN 4 Jember, menggunakan pendekatan ecletif counseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item