Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung.

Wasik, Muhamad (2018) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhamad Wasik_084 131 490.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya di SMP terkesan strategi monoton. Dimana dalam proses pembelajaran yang kurang aktif antara pendidik dan siswa, sehingga dalam proses belajar mengajar terasa membosankan. Adanya kejenuhan dalam proses belajar, dalam memahami dan penangkapan materi ditambah lagi siswa yang berbeda beda dalam memahami dan menghayati materi yang disampaikan, sehingga Guru Pendidikan Agama Islam di SMP perlu mempertimbangkan strategi mengajar yang efektif. dalam hal ini di SMP 01 Ajung, memakai (tiga) strategi mengajar yaitu: pertama, strategi ekspositori dan kedua, strategi inkuiri dan ketiga, mastery learning. Untuk mengatasi permasalahan yang berada di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 01 Ajung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung? 2. Apa hambatan penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung. 2. Untuk mendeskripsikan hambatan penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapuna nalisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Ajung dapat disimpulkan sebagai berikut: Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan oleh SMP Negeri 01 Ajung yaitu: 1. a. Strategi ekspositori, strategi ini bisa dipakai sebagai pengantar sekaligus langkah awal yang dipakai guru untuk menyampaikan informasi yang berkenaan dengan materi atau tema yang dipelajari.. b. Strategi inkuiri, dapat dipakai pada setiap mata pelajaran PAI yang mengacu pada buku LKS, akan tetapi strategi ini dicocokkan dengan materi yang akan disampaikan, Karena setiap materi berbeda karakteristiknya. c. Dilembaga ini juga menggunakan strategi mastery learning dengan metode praktek dan pembiasaan yang sering digunakan oleh semua guru. 2. Hambatan SMP Negeri 01 Ajung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan adanya a. Latar belakang siswa, b. Kemampuan penangkapan siswa yang heterogen, c. Minimnya kesadaran siswa untuk disiplin, d. Dari pihak guru yang terkadang teledor/lalai, e. Arus informasi yang semakin bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item View Item