Pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018.

Asrorullah, Muhammad Hamid (2018) Pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Hamid Asrorullah_084 141 067.pdf

Download (7MB)

Abstract

Islam sebagai ajaran agama yang sempurna, mempunyai pedoman dalam mengajarkan ajarannya yaitu berupa al-Qur’an. Sebagai umat Islam, haruslah mempelajari ajaran Islam melalui al-Qur’an. Untuk memahami al-Qur’an, haruslah dimulai dari membacanya terlebih dahulu karena al-Qur’an merupakan karunia Allah SWT yang senantiasa bermanfaat bagi umat manusia meskipun hanya membacanya. Guna memudahkan dalam belajar membaca al-Qur’an, terdapat beberapa metode belajar membaca al-Qur’an, salah satunya adalah metode al-Insyirah. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan AlQur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode al-Insyirah di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Karomah Kendangsari Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 adalah: 1) Perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an meliputi penentuan materi pembelajaran yang didasarkan pada materi dari pusat yang tertera pada buku jilid al-Insyirah. Penentuan metode dan media, penentuan metode meliputi metode klasikal dan metode individualklasikal, untuk penentuan media meliputi alat peraga al-Insyirah dan alat tunjuk. Penentuan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii oleh pusat, Penentuan alokasi waktu yaitu 60 menit yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu 15 menit pembukaan, 35 menit pembentukan kompetensi, 10 menit penutup. Penentuan sumber belajar yaitu menggunakan buu jilid 1-5, gharib, dan tajwid dari al-Insyirah. 2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode alInsyirah meliputi kegiatan pembuka yang terdiri penyiapan santri, salam, do’a pembuka, hafalan surah-surah pendek. Pembentukan kompetensi meliputi apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, dan latihan. Kegiatan penutup meliputi hafalan surah pendek, persiapan doa, dan salam. 3) Evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan evaluasi kenaikan halaman dan evaluasi kenaikan jilid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:24
Last Modified: 24 Mar 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item