Konsep Pendidikan Karakter (Studi Analisis Pemikiran Thomas Lickona dalam Buku Terj. Abdu Juma Wamaungo “Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter”

Wulandari, Evi (2017) Konsep Pendidikan Karakter (Studi Analisis Pemikiran Thomas Lickona dalam Buku Terj. Abdu Juma Wamaungo “Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVI WULANDARI_084 121 199.pdf

Download (10MB)

Abstract

Bangsa yang hebat bisa dilihat dari karakter bangsanya, maka dunia mengetahui pentingnya pendidikan karakter, salah satu tokoh yang membahas pendidikan karakter yaitu Thomas Lickona. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona tentang pengetahuan moral?, 2). Bagaimana pendidikan karakter menurut Thomas Lickona tentang perasaan moral?, 3). Bagaimana pendidikan karakter menurut Thomas Lickona tentang tindakan moral?, 4). Bagaimana implikasi pendidikan karakter Thomas Lickona hingga saat ini? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan karakter Thomas Lickona tentang pengetahuan moral, 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan karakter Thomas Lickona tentang perasaan moral, 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep pendidikan karakter Thomas Lickona tentang tindakan moral, 4) Untuk mengetahui implikasi pendidikan karakter Thomas Lickona hingga saat ini Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi dokumenter (library research). Sumber data primer yaitu buku Educating for Character; Mendidik Untuk Membentuk Karakter buku terjemahan Abdu Juma Wamaungo, dan sumber data sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian yang berkaitan dengan konsep pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap dokumentasi dan mengidentifikasi wacana dari buku Educating for Character; Mendidik Untuk Membentuk Karakter dan karya lain yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Untuk teknik analisis data menggunakan content analysis, dan validitas datanya. Dari hasil penelitian tentang “Konsep Pendidikan Karakter (Studi Analisis Pemikiran Thomas Lickona dalam Buku Terj. Abdu Juma Wamaungo “Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter”) dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter akan dikatakan baik jika terdiri dari tiga bagian yang sangat berhubungan yaitu: 1) Pengetahuan moral yang terdiri dari: a. Kesadaran moral, b. Pengetahuan nilai moral, c. Penentuan perspektif, d. Pemikiran moral, e. Pengambilan keputusan, f. Pengetahuan diri sendiri. 2) Perasaan moral terdiri dari: a. Hati nurani, b. Harga diri, c. Empati, d. Mencintai hal yang baik, e. Kendali diri, f. Kerendahan hati. 3) Tindakan moral yang terdiri dari: a. Kompetensi, b. Keinginan, c. Kebiasaan. 4) Menyadarkan dunia bahwa pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item