Yanti, Nurul Fajar (2018) Upaya Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Melalui Kajian Kitab Al-Akhlaq Lil Baniin dan Al-Akhlaq Lil Banaat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Fajar Yanti_084 141 483.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pelajaran akhlak bertujuan agar manusia mengetahui perbedaan-perbedaan perangai manusia yang baik dan yang buruk agar manusia dapat memegang teguh sifat-sifat yang baik dan menjauhkan diri dari sifat-sifat yang kurang baik. Oleh karena itu pelajaran akhlak bertujuan hendak mendudukkan manusia sebagai makhluk yang tinggi dan sempurna serta membedakannya dengan makhlukmakhluk lainnya. Akhlak bertujuan menjadikan manusia orang yang berkelakuan baik terhadap Tuhan, manusia dan lingkungannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember ? 3)Bagaimana evaluasi upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan upaya waka kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember. 2) mendeskripsikan pelaksanaan upaya waka kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember . 3) mendeskripsikan teknik evaluasi upaya waka kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat di MTs. Negeri 4 Jember Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs. Negeri 4 Jember, yang diterapkan didalamnya terdapat 1) Perencanaan upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat, yaitu dengan menentukan tujuan, materi, metode serta pembagian alokasi waktu kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat. 2) Pelaksanaan upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat yaitu dengan menggunakan metode ceramah, terjeah dan tanya jawab. 3) Evaluasi upaya wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam mengatasi kenakalan siswa melalui kajian kitab al-akhlaq lil baniin dan al-akhlaq lil banaat yaitu dengan menggunakan teknik non-tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:25 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20907 |
Actions (login required)
View Item |