Implementasi Multiple Intellegences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Yima Islamic School Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014.

Zahra, Fatimatuz (2015) Implementasi Multiple Intellegences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Yima Islamic School Bondowoso Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatuz Zahra_084101064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketika konsep Multiple Intellegences ditarik dalam ranah pendidikan, paradigma pendidikan pun mengalami banyak koreksi. Hampir mayoritas pendidikan di sekolah sekarang ini cenderung kurang menghargai seluruh potensi para peserta didiknya. Konsep Multiple Intellegences yang menitikberatkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Lebih jauh lagi, konsep ini percaya bahwa tidak ada anak yang bodoh sebab setiap anak pasti memiliki minimal satu kelebihan. Apabila kelebihan tersebut dapat terdeteksi sejak awal, otomatis kelebihan itu adalah potensi kepandaian sang anak. Atas dasar itu seharusnya sekolah menerima siswa barunya dalam kondisi apapun. Sekolah yang telah mengimplementasikan Multiple Intelligences di dalamnya. Salah satunya yaitu SD Yayasan Islam Madrasah Yayasan Islam Madrasah Al-Khairiyah (YIMA) Islamic School Bondowoso. Berdasarkan realita tersebut, serta diiringi dengan keingintahuan yang lebih dalam tentang penerapan Multiple Intelligences di sekolah, maka peneliti tertarik untuk merumuskan masalah salah satunya adalah bagaimana implementasi Multiple Intellegences dalam pembelajaran PAI di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Rumusan tersebut bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi Multiple Intellegences di SD YIMA Islamic School Bondowoso khususnya dalam pembelajaran PAI. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kecerdasan linguistik (linguistic intelligence) dalam pembelajaran PAI? 2) Bagaimana implementasi kecerdasan kinestetik (kinesthetic intelligence) dalam pembelajaran PAI? 3) Bagaimana implementasi kecerdasan musik (musical intelligence) dalam pembelajaran PAI? 4) Bagaimana implementasi kecerdasan visual-spasial (spatial-visual intelligence) dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran PAI di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Khususnya implementasi kecerdasan linguistik (linguistic intelligence) dalam pembelajaran PAI, implementasi kecerdasan kinestetik (kinesthetic intelligence) dalam pembelajaran PAI, implementasi kecerdasan musik (musical intelligence) dalam pembelajaran PAI, serta implementasi kecerdasan visual-spasial (spatialvisual intelligence) dalam pembelajaran PAI di SD YIMA Islamic School Bondowoso. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, menganalisis imlementasi multiple intelligences dalam pembelajaran PAI di SD YIMA Islamic School Bondowoso. Adapun teknik pengumpulan data mengguanakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi kecerdasan linguistik dalam pembelajaran PAI di SD YIMA bermacam-macam, antara lain membaca, menulis informasi, menulis naskah, wawancara, presentasi, mendongeng, bercerita, Tanya jawab, tebak kata, drama dan wayang; 2) Bentuk Implementasi kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran PAI di SD YIMA bermacam-macam, antara lain dengan teater kelas, bermain peran, peragaan, berbagai games yang menyenangkan, serta praktik sholat; 3) Implementasi kecerdasan musik dalam pembelajaran PAI di SD YIMA bermacam-macam, antara lain dengan mencipta lagu, mengaransemen lagu, parodi lagu, bernyanyi dan pembelajaran yang diiringi musik; 4) Implementasi kecerdasan visual-spasial dalam pembelajaran PAI di SD YIMA bermacam-macam, antara lain dengan pameran lukisan, desain, rekreasi, berbagai proyek kaligrafi, mind mapping (gambar peta pikiran), melukis dan menonton film .Implementasi dari tiap-tiap kecerdasan tersebut bersifat dinamis, tergantung dari kreativitas masing-masing guru untuk mengembangkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item