Problematika Hirarkhi Kebutuhan Perspektif Maslow Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Buruh Tani di Dusun Sumuran Ajung Jember

Andriyani, Fifin (2017) Problematika Hirarkhi Kebutuhan Perspektif Maslow Dalam Memotivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Buruh Tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIFIN ANDRIYANI_084 131 173.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu cara memahami hakikat kebutuhan manusia adalah dengan pendekatan yang lebih mengarah kepada teori tentang kepribadian manusia. Pembahasan tentang kepribadian ini berkaitan erat dengan perilaku manusia yang salah satunya diterimanya motivasi. Teori menurut Abraham H. Maslow manusia di motivasi untuk memuaskan sejumlah kebutuhan yang melekat pada diri setiap manusia yang cenderang bersifat bawaan. Kebutuhan ini terdiri dari lima jenis dan terbentuk dalam suatu tingkat atau hirerki kebutuhan, yaitu; (1) kebutuhan fisiologis. (2) kebutuhan rasa aman. (3) kebutuhan akan kasih sayang. (4) kebutuhan akan harga diri. (5) aktualisasi diri. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana problematika kebutuhan fisiologis dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. (2) Bagaimana problematika kebutuhan keamanan dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. (3) Bagaimana problematika kebutuhan kasih sayang danhubungan dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. (4) bagaimana problematika kebutuhan penghargaan dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Susun Sumuran Ajung Jember. (5) Bagaimana problematika kebutuhan aktualisasi diri dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan problematika kebutuhan fisiologis dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tabi di Dusun Sumuran Ajung Jember. 2) untuk mendeskripsikan kebutuhan keamanan dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. 3) untuk mendeskripsikan kebutuhan kasih sayang dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi Anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. 4) untuk mendeskripsikan problematika kebutuhan penghargaan dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember. Dan 5) untuk mendiskripsikan problematika kebutuhan aktualisasi diri dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam bagi anak buruh tani di Dusun Sumuran Ajung Jember Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, kebutuhan fisiologis kebutuhan ini terpenuhi untuk anak, akan tetapi orang tua tidak dapat memperhatikan anak jika sudah di rumah, orang tua sibuk dengan pekerjaan di sawah. Kedua, kebutuhan keamanan anak-anak, orang tua tidak memperhatikan keamanan karena orang tua sibuk dengan padi atau jagung di sawah. Ketiga kebutuhan kasih sayang orang tua masih saja tidak mengerti bahwasaanya anak membutuhkan kasih sayang orang tua akan tetapi orang tidak memperhatikan itu. Keempat, kebutuhan penghargaan orang tua tidak berani dalam memberikan penghargaan, karena anakanak meminta hadiah yang sangat mahal hingga membuat orang tua ktidak mampu membelinya. Kelima, kebutuhan aktualisasi diri orang tua tidak mengetahui anak-anaknya bisa atau tidak bisa dalam pelajaran di karenakan orang tua kebanyakan buruh tani tidak bisa membaca hingga membuat orang tua tidak memperhatikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20910

Actions (login required)

View Item View Item