Hubungan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dan Konselor dengan Penanggulangan Masalah-Masalah Siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Aini, Qurrotu (2018) Hubungan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dan Konselor dengan Penanggulangan Masalah-Masalah Siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotu ‘Aini_084 141 297.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam usaha penanggulangan masalah-masalah siswa biasanya konselor dan guru akidah akhlak melakukan berbagai pendekatan yaitu pendekatan ilmiah, pendekatan pribadi, dan melakukan tindakan. Di MTs Miftahul Ulum ini diberlakukan sistem poin, masing-masing siswa diberi kesempatan mendapatkan dua ratus poin setiap ajaran baru. Poin ini bisa bertambah dan bisa berkurang, tergantung kepada siswa itu sendiri. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1. Adakah hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah pribadi siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo? 2. Adakah hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah sosial siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo? 3. Adakah hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah pribadi siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo. 2. Untuk mengetahui hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah sosial siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo. 3. Untuk mengetahui hubungan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah belajar siswa di MTs Miftahul Ulum Jrebeng Kulon Kedopok Kota Probolinggo Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian studi kasus. Adapun responden penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Miftahul Ulum yang berjumlah 88 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk anasisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan Product Moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1. Ada hubungan yang signifikan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah pribadi siswa di MTs Miftahul Ulum. Dengan rhitung = 0,432 terletak diantara 0,40-0,599 yang berarti sedang. 2. Tidak ada hubungan yang signifikan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah sosial siswa di MTs Miftahul Ulum. Dengan rhitung = 0,067 terletak diantara 0,00- 0,199 yang berarti sangat rendah 3. Ada hubungan yang signifikan kolaborasi guru akidah akhlak dan konselor dengan penanggulangan masalah belajar siswa di MTs Miftahul Ulum. Dengan rhitung = 0,243 terletak diantara 0,20-0,399 yang berarti rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item