Persepsi Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Terhadap Pentingnya Pendidikan di DesaSukamakmur Kecamatan AjungKabupaten Jember

Jannah, Habibatul (2015) Persepsi Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Terhadap Pentingnya Pendidikan di DesaSukamakmur Kecamatan AjungKabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Habibatul Jannah_084111288.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak tenaga kerja Indonesia merupakan anak dari yang orang tuanya atau salah satu orang tuanya bekerja di luar negeri. Pekerjaan sebagai seorang TKI adalah jalan alternatif yang banyak di ambil oleh para orang tua masyarakat yang ada di DesaSukamakmur, mereka rela meninggalkan sanak keluarga dan anakanaknya. Hal ini cukup beralasan, oleh karena, lowongan pekerjaan yang cukup memadai dan menjanjikan, ditambah dengan “iming-iming” gaji yang sangat tinggi. Mereka mengambil jalan tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam keluarganya serta ingin membiayai pendidikan anaknya. Karena, orang yang pertama bertanggung jawab atas pendidikan anaknya adalah orang tua. Disepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini, pasti ada juga pendidikan. Dikatakan demikian, karena pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang terus berkembang. Di dalam kehidupan manusia pasti memerlukan pendidikan, karena pendidikan yang tinggi juga menentukan masa depan seseorang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi pokokmasalah adalah : 1) Bagaimana persepsi anak TKI terhadap pentingnya pendidikan di Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?2)Bagaimana persepsi anak TKI terhadap keberlanjutan pendidikandi DesaSukamakmur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Dalam sebuah penelitian, tentu terdapat tujuan yang ingin di capai. Salah satunya adalah untuk mendiskripsikan persepsi anak TKI terhadap pentingnya pendidikan di DesaSukamakmur, Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Selain itu, terdapat metodologi yang digunakan, untuk mengarahkan penelitian, sehingga penggalian data tepat sasaran. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah: pendekatan penelitian kualitatifdeskriptif. Penentuan informan yaitu purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisa datanya menggunakan reduksi data, sedang penyajian datanya dengan menarik sebuah kesimpulan, kemudian untuk memperoleh keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber sebagai pengujiannya. Berdasarkan pokok masalah di atas, dan hasil penelitian di lapangan, dapat disimpulkan bahwa persepsi anak TKI terhadap pentingnya pendidikan dan keberlanjutan pendidikan, sebagian besar dari mereka menganggap dua-duanya sangatlah penting bagi mereka, dengan pendidikan yang tinggi bisa membuat mereka menjadi pintar, cerdas, berilmu pengetahuan yang luas dan juga dapat membawa mereka pada masa depan yang cerah, dan pekerjaan yang layak. Sehingga anak TKI saat ini memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan mereka sampai ke jenjang yang lebih tinggi bahkan sampai perguruan tinggi, walaupun tidak semua anak TKI bisa melanjutkan pendidikannya karena disebabkan biaya yang tidak mendukung, kemalasan, dan pernikahan pada usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item