Pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA)Bintoro Kabupaten Jember

Agsutin D.A, Hafifah Bela (2015) Pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA)Bintoro Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafifah Bela Agustin D.A_084 111 337.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya diberikan kepada orang yang memiliki kelengkapan fisik tetapi juga diberikan kepada anak yang memiliki kekurangan fisik salah satunya yaitu anak tunanetra. Anak tunanetra dapat memperoleh pendidikan khusus pada Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB-A) Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Bintoro Kabupaten Jember. Kurikulum di SLB-A TPA Bintoro yaitu ilmu pengetahuan umum dan ilmu Pendidikan Agama Islam. Ilmu Pendidikan Agama Islma (PAI) adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki pokok bahasan. Salah satu pokok bahasan PAI adalah pembelajaran AlQur’an. Dalam pembelajaran Al-Qur’an, anak tunanetra berbeda dari anak normal, mereka masih membutuhkan media yang sesuai dengan kondisinya dalam meningkatkan membaca Al-Qur’annya. SLB-A TPA Bintoro, salah satu sekolah yang menggunakan media yang disesuaikan dengan kondisi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu media braille. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Bintoro Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Bintoro Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dan faktor penghambat pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunanetra di SLB-A TPA Bintoro Kabupaten Jember. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara bebas terpimpin, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an melalui media braille di SLB-A TPA Bintoro terdiri dari tiga tahapan, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Ada faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa tunanetra. Faktor pendukung terdiri dari guru, anak didik, kegiatan pembelajaran dan keluarga. Adapun yang menjadi faktor penghambat pembelajaran Al-Qur’an melalui braille terdiri dari faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang dialami siswa tunanetra terdiri dari aspek jasmani, aspek rohani, dan aspek kelelahan. Sedangkan faktor ekstern yang dialami siswa tunanetra adalah faktor keluarga yang kurang memotivasi siswa, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item