pemanfaatan masjid sebagai Pusat pendidikan Islam Non formal di masjid Al - Mustarsyidi Desa suko kecamatan Jelbuk kabupaten Jember

Habibi, Rifqi Shofwan (2018) pemanfaatan masjid sebagai Pusat pendidikan Islam Non formal di masjid Al - Mustarsyidi Desa suko kecamatan Jelbuk kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifqi Shofwan Habibi_ 084 111 351.pdf

Download (6MB)

Abstract

Memakmurkan masjid dengan cara menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan Islam adalah sebagaimana memfungsikan masjid pada masa Rasulullah, yaitu juga mendidik generasi - generasi Islam. Masjid ibarat mercusuar, tempat segala ilmu pengetahuan berpusat, kemudian menyebar kesegala penjuru. Salah satu cara menciptakan wadah pendidikan Islam, maka masjid harus mempunyai kegiatan-kegiatan yang dapat menarik jamaah ditempat tersebut. Salah satu contoh kegiatan berupa diskusi, yang berfungsi untuk menambah ilmu pengetahuan bagi jama’ah. Kemudian bisa juga dengan mengadakan acara jumpa remaja yang merupakan salah satu generasi ke depan dalam memakmurkan masjid. Masjid Al - Mustarsyidi adalah salah satu masjid yang terletak di Suko Jelbuk Jember. Masjid ini berada di tengah - tengah masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan bahwa masjid Al – Murtarsyidi bisa menjadi sarana terwujudnya pendidikan Islam di daerah tersebut. Karena pendidikan yang ada di masjid bukanlah pendidikan formal, maka pendidikannya disebut pendidikan non formal. Berdasarkan latarbelakang tersebut maka fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1)Bagaimana pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal di Masjid Al - Mustarsyidi Desa Suko Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember? 2) Apasaja kendala masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal di Masjid Al - Mustarsyidi Desa Suko Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal di Masjid Al - Mustarsyidi Desa Suko Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember 2)untuk mendeskripsikan kendala masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal di Masjid Al - mustarsyidi Desa Suko Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display /peyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode .Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal di masjid Al-Mustarsyidi adalah digunakan sebagai lembaga pendidikan membaca Al- Quran, lembaga Madrasah Diniyah dan lembaga pendidikan Raudlatul Atfal, lembaga tersebut diadakan sebagai salah satu pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan islam non formal.2) Kendala pemanfaatan masjid sebagai pusat pendidikan Islam non formal adalah karena tidak ada dukungan dari sebagian masyarakat dan juga kurangnya sarana prasarana di masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20914

Actions (login required)

View Item View Item