Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tartili di TPQ Darul Izzah, Karanganyar, Ambulu Tahun 2017- 2018

Muslim, Halimatus Sa'diyah (2019) Peran Ustadz/Ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tartili di TPQ Darul Izzah, Karanganyar, Ambulu Tahun 2017- 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HALIMATUS SA’DIYAH MUSLIM_084148010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Begitu banyak nilai yang terkandung dalam ajaran Islam, sehingga untuk mencapai sebuah gelar yang dinamakan “sebaik-baiknya ummat”, maka setiap muslim harus pandai membaca, menulis, berilmu dan berakhlaq. Hal ini termasuk salah satu upaya dari TPQ Darul Izzah yang bertujuan untuk membimbing dan menciptakan generasi Qur’ani, berilmu, berprestasi dan berakhlaqul karimah. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini antara lain: 1). Bagaimana peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di bidang tajwid melalui metode Tartili 2). Bagaimana peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Ghorib Musykilat. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada bidang tajwid melalui metode Tartili, 2). Mendeskripsikan peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Ghorib. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan, jenis penelitian Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedang analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskripsi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi Sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada bidang tajwid, para asatidz memakai buku panduan tajwid metode Tartili yang menjelaskan tentang makhorijul huruf, sifatil huruf, ahkamul maddi wal qosr dan hukum-hukum bacaan lainnya, 2). Peran ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Ghorib Musykilat, para asatidz memakai buku panduan Ghorib Musykilat yang menjelaskan tentang tanda waqof dan washol, bacaan isymam, imalah, saktah, naql dan tashil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:25
Last Modified: 24 Mar 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item