Implementasi Model Pembelajaran Habit Forming (Pembiasaan) dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nadza, Silvi Qudrun (2018) Implementasi Model Pembelajaran Habit Forming (Pembiasaan) dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silvi Qudrun Nadza_084141426.pdf

Download (49MB)

Abstract

Karakter religius siswa, disiplin, dan toleransi siswa amat diperhatikan di SMP Negeri 7 Jember. Mulai dari kegiatan salam pagi, pembacaan do’a dan asma’ul husna bersama sebelum pembelajaran dimulai, pada waktu yang sama siswa dianjurkan memakai atribut ke Islamian seperti jilbab untuk siswi bagi yang beragama Islam, pembacaan yasin di hari jum’at sebelum pulang sekolah, dan kegiatan Islam lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter religius siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018, (2) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter toleransi siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran habit forming dalam membentuk karakter religius siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran habit forming dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran habit forming dalam membentuk karakter toleransi siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah : 1) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter religius dari hasil perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi guru dimulai dar memaksakan dan siswa terbiasa melaksanakan hingga menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berulangulang. 2) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter disiplin disimpulkan bahwa perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi dengan bersungguh-sungguh dalam menerapkan dimulai dari memaksakan dan dibuktikan dengan pelaksanaannya dilakukan dengan tertib. Evaluasi dari kegiatan tersebut memberikan dampak positif pada siswa, namun guru mengalami begitu banyak kesulitan dalam mendisiplinkan siswa. 3) implementasi model pembelajaran habit forming (pembiasaan) dalam membentuk karakter toleransi disimpulkan melalui perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dengan menjadi tauladan contoh yang baik untuk siswa memberikan penanaman kedamaian, menghargai perbedaan dan individu, serta kesadaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item