Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Remaja Masjid Babussalam Di SMA Negeri 2 Jember Tahun 2015. Skripsi. Jember: IAIN Jember.

Mubarokh, Husni (2015) Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Remaja Masjid Babussalam Di SMA Negeri 2 Jember Tahun 2015. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUSNI MUBAROKH_084 111 340.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan didikan kepada anak didik, harus mampu mengembangkan proses pembelajaran dengan baik. Pengembangan pendidikan keagamaan merupakan salah satu bentuk pengembangan proses pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak didik. Pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Fokus penelitian berdasar latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah: 1) Bagaimana Pengembangan Pendidikan Agama Islam melalui pengembangan kurikulum di SMA Negeri 2 Jember tahun 2015?, 2) Bagaimana Pengembangan Pendidikan Agama Islam melalui pengembangan pembelajaran di SMA Negeri 2 Jember 2015?, 3) Bagaimana Pengembangan Pendidikan Agama Islam melalui pengembangan Ekstrakurikuler Remaja Masjid Babussalam di SMA Negeri 2 Jember 2015? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil latar penelitian di SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriftif kualitatif, karena peneliti bermaksud mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ditemukan selama dalam proses penelitian. Sedang keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode untuk mengecek kevalidan data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan PAI di SMA Negeri 2 Jember meliputi tiga hal yaitu, a) Pengembangan kurikulum PAI yang disesuaikan dengan program keagamaan yang ada di sekolah tersebut, b) Pengembangan proses belajar mengajar, dan c) Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung terhadap pengembangan PAI tersebut antara lain: a) Kegiatan sekolah yag mendukung b) Dukungan pemerintah, c) Tata tertib yang tegas dan disiplin, d) guru yang berkualitas/professional, e) ekstrakurikuler yang mendukung, f) Sarana dan prasarana yang memadai, dan g) Semangat siswa. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi penghambat pengembangan PAI tersebut antara lain: a) Latar belakang siswa, b) Arus informasi dan pergaulan yang semakin bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item